Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorFIKES UIKA Gelar Webinar Kesehatan Nasional Angkat Tema Food Waste

FIKES UIKA Gelar Webinar Kesehatan Nasional Angkat Tema Food Waste

Bogordaily.net – Seminar Kesehatan Nasional 2022 adalah seminar yang rutin diadakan oleh mahasiswa (), tiap tahunnya terdapat 3 sampai 4 seminar yang mengusung tema yang berbeda-beda, salah satunya adalah seminar ““, yang dilaksanakan pada 16 Januari 2022.

Seminar ini menghadirkan 3 pemateri drg. Vensya Sihotang, M.Epid yang merupakan direktur kesehatan lingkungan kementerian kesehatan republik Indonesia, Eva Bachtiar yang merupakan CEO Garda Pangan, dan terakhir salah satu dosen Bogor sendiri yaitu Ratih Fatimah, S.K.M., M.K.M.

Adapun topik pembahasannya adalah dimulai dari dampak perilaku manusia terhadap sampah makanan, kemudian dalam perspektif lingkungan dan kebijakan, sampai dengan pembahasan food bank yang merupakan program dari komunitaa Garda Pangan.

FIKES UIKA

Dari ketiga pemateri tersebut secara singkat dapat disimpulkan, pertama, Be a zero huger hero dengan membentuk budaya yang lebih bertanggung jawab dimulai dari diri sendiri serta dalam skala yang lebih luas kita mengedukasi dan melakukan promosi kesehatan tentang recovery food system kita, start small.

Kedua, Indonesia sebagai salah satu negara yang bergabung dalam G20 sudah memiliki kebijakan mulai dari penyehatan pangan hingga sanitasi total berbasis masyarakat, dan kita dapat bersama mengawal implementasinya.

Dan ketiga, kita masih memerlukan kebijakan khusus ketika ada bisnis yang berkontribusi dalam dan praktik-praktik yang baik seperti yang dilakukan lembaga anak muda atau sosial masyarakat, mereplikasi misalnya dari garda pangan di surabaya nanti ke bogor dan wilayah lain se-Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here