Friday, 29 March 2024
HomeBeritaGila! Korea Utara Tembakkan Rudal Hipersonik Sejauh 700 Km

Gila! Korea Utara Tembakkan Rudal Hipersonik Sejauh 700 Km

Bogordaily.net – Korean Central News Agency () atau Agensi Berita Sentral Korea Utara mengatakan, mengakui telah menembakkan sebuah pada pekan ini dan berhasil mengenai sasaran sejauh 700 km, Kamis 6 Januari 2022.

Peluncuran tersebut menjadi uji coba kedua bagi rudal semacam. memang sedang berupaya meningkatkan kemampuan militernya di tengah kebuntuan pembicaraan soal pelucutan nuklir.

pertama kali menguji rudal hipersoniknya pada September tahun lalu. Negara pimpinan Kim Jong-un tersebut memang sedang berlomba-lomba dengan negara militer besar lainnya dalam perlombaan senjata canggih.

Peluncuran rudal pada Rabu 5 Januari 2022 lalu terdeteksi oleh sejumlah negara di kawasan dan mengundang kritik dari Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.

Senjata hipersonik biasanya meluncur ke arah sasaran pada ketinggian yang lebih rendah ketimbang rudal balistik dan mampu melesat lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200 km per jam.

Terlepas dari namanya, para analis mengatakan fitur utama senjata hipersonik bukanlah kecepatan, yang terkadang bisa disamai atau dikalahkan oleh hulu ledak rudal balistik tradisional, melainkan kemampuan manuvernya.

melaporkan bahwa dalam uji coba itu, hulu ledak luncur hipersonik melepaskan diri dari pendorong roketnya dan bermanuver sejauh 120 km secara lateral sebelum menghantam dengan tepat sebuah sasaran sejauh 700 km.

Menurut , rudal tersebut menunjukkan kemampuannya dalam memadukan penerbangan lompat luncur multi-langkah dan manuver lateral yang kuat.

Uji coba tersebut juga memastikan berfungsinya sejumlah komponen seperti kendali terbang dan kemampuannya beroperasi di musim dingin, kata menambahkan.

“Keberhasilan berturut-turut dalam uji peluncuran memiliki makna strategis karena mereka mempercepat tugas untuk memodernisasi angkatan bersenjata strategis negara ini,” menurut laporan .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here