Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaHati-Hati, Gejala Omicron Bisa Mirip Keracunan Makanan

Hati-Hati, Gejala Omicron Bisa Mirip Keracunan Makanan

Bogordaily.net–Kebanyakan orang yang terinfeksi varian menunjukkan gejala seperti flu. Kini, para ahli kembali memperingatkan bahwa ada gejala varian yang mirip dengan .

Dilansir Suara.com, mereka mengatakan bahwa infeksi varian ini bisa menyebabkan gejala yang berbeda dalam masalah pernapasan.

Sebelumnya, ada tiga gejala umum varian yang berbeda dengan virus corona aslinya, yakni batuk, kelelahan dan sakit kepala. Pada varian Delta, Dr Bill Admire mengatakan kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami beberapa bentuk masalah pernapasan.

Adapun gejalanya bisa berupa mual, sakit perut, muntah, kehilangan nafsu makan dan diare. Namun, sakit perut, diare, mual atau muntah merupakan gejala virus corona Covid-19 yang paling jarang dilaporkan.

Saat ini, para ahli menyatakan mual dan muntah bukan gejala virus corona. Namun, itu bisa menjadi tanda infeksi virus corona bila disertai dengan gejala umum lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi virus corona bisa mengalami gejala gastrointestinal.

Dalam journal of Microbiology, Immunology and Infection, para ahli menemukan bahwa mual dan muntah adalah dua gejala paling umum setelah gejala utama virus corona lainnya, seperti sakit tenggorokan dan hilangnya indra penciuman serta perasa.

Studi tersebut menunjukkan bahwa masalah seperti diare, mual dan muntah dapat dipicu oleh infeksi virus corona Covid-19.

Kini, Profesor Tim Spector, ilmuwan utama di balik Aplikasi Studi Gejala Zoe, mengatakan semakin banyak orang yang melaporkan sakit tenggorokan dan suara serak.

“Dua gejala ini menjadi lebih umum di tengah munculnya varian daripada varian sebelumnya. Jadi, sakit tenggorokan bisa dikatakan sebagai gejala varian ,” kata Tim Spector dikutip dari The Sun.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here