Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaHati-hati, Omicron Banyak Serang Penyintas COVID-19

Hati-hati, Omicron Banyak Serang Penyintas COVID-19

Bogordaily.net–Kasus COVID-19 saat ini didominasi varian menggantikan varian Delta. Penularannya disebut sangat cepat dan menjadi penyebab penambahan kasus Corona di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Dikutip Detik.com dari laman CNBC, ada satu fakta yang tak kalah mengejutkan. Berdasarkan studi di Inggris, ternyata sebagian besar yang terinfeksi varian adalah mereka penyintas atau yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 sebelumnya.

“Kami mengamati tingkat infeksi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya di Inggris pada Januari 2022 dan penggantian Delta ke ,” tulis peneliti dalam Studi React Imperial College London dalam laporan yang dirilis Rabu, 26 Januari 2022.

Studi ini menganalisis 100.607 hasil tes PCR di seluruh Inggris. Swab PCR dikumpulkan 5 Januari dan 20 Januari. Alhasil, 99 persen hasil positif adalah dan hanya 1 persen infeksi yang disebabkan oleh varian Delta.

“Dua pertiga dari 3.582 peserta yang dites positif pada Januari melaporkan bahwa mereka telah dites positif COVID-19 di masa lalu. Lebih lanjut 7,5 persen dari peserta yang terinfeksi mengatakan mereka curiga mereka sebelumnya memiliki virus tetapi belum dikonfirmasi dengan tes,” tambah laporan tersebut.

Sebelum muncul, orang yang tertular virus dan sembuh memiliki “penawar” yang melindunginya dari infeksi ulang. Namun, kali ini sepertinya tidak terjadi pada .

“Tindakan lebih lanjut di luar vaksinasi mungkin diperlukan jika tingkat infeksi yang sangat tinggi tetap ada. Meskipun tampaknya secara intrinsik lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan penyakit parah,” jelasnya.

Sebelumnya pejabat kesehatan Inggris juga sempat menyebutkan hal yang sama pada Desember lalu. Bahwa risiko infeksi ulang dengan adalah 5,4 kali lebih besar daripada Delta.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here