Thursday, 25 April 2024
HomeViralHeboh Foto Koruptor Dijual di OpenSea

Heboh Foto Koruptor Dijual di OpenSea

Bogordaily.net–Marketplace Non-Fungible Token (NFT), kembali . Setelah foto Ghozali, kali ini foto dan mantan narapidana (napi) kasus korupsi terpampang di .

Foto yang muncul dari Setya Novanto hingga Muhammad Nazaruddin. Akun yang menjual foto dan mantan napi kasus korupsi tersebut tertulis ‘Komisi Pemberantasan Korupsi'. Akun tersebut mulai aktif menjual foto mulai 14 Januari 2022.

Foto yang terpampang antara lain Miranda S Goeltom, Djoko Susilo, Akil Mochtar, eks Bupati Buol Amran Batalipu, Muhammad Nazaruddin, dan Setya Novanto. Foto Miranda Goeltom yang diunggah akun ‘KPK' dijual dengan harga US$ 158,41.

Kemudian foto paling mahal Setya Novanto sedang memakai kemeja putih dan rompi oranye khas KPK dijual seharga US$ 2.851,40.

NFT merupakan aset digital berbentuk karya seni ataupun barang koleksi yang bisa digunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, dan game.

Menanggapi hal tersebut, KPK menyatakan pihaknya tak pernah membuat akun tersebut.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri meminta semua pihak agar tidak menyalahgunakan nama dan logo lembaga KPK untuk kepentingan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“KPK juga tidak pernah melakukan kegiatan melalui medium atau platform apa pun yang bersifat komersial, jual-beli dan kegiatan ekonomi lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi,” kata Ali seperti dilansir Detik.com, Selasa 18 Januari 2022.

Ali pun mengimbau masyarakat segera melapor jika ada oknum yang melakukan penipuan dengan mengatasnamakan KPK.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here