Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaIngin Turunkan Berat Badan? Ini Yang Harus Dilakukan Saat Sarapan

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini Yang Harus Dilakukan Saat Sarapan

Bogordaily.net–  Tahun baru 2022 telah berjalan lebih 13 hari, pastinya kamu tidak lupa dengan resolusi untuk jadi lebih sehat bukan? juga salah satu alasan turunkan berat badan.

Sarapan sangat penting untuk membantu kamu menjalani hari dengan penuh energi dan memiliki fokus serta konsentrasi yang baik. Selain itu, banyak yang belum tahu kalau sarapan merupakan waktu terpenting dibandingkan makan siang atau makan malam

Dikutip dari KlikDokter, dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons menjelaskan sarapan akan memberikan energi bagi tubuh untuk memulai aktivitas di awal hari sekaligus menunda lapar.

Sarapan membantu memelihara kadar gula darah agar tidak anjlok. Kondisi gula darah rendah akibat tidak sarapan akan membuat tubuh lemas, mengganggu kerja otak, menyebabkan sulit berkonsentrasi, bahkan perasaan cemas. Dampaknya, aktivitas seharian pun menjadi terganggu.

Beberapa studi juga membuktikan bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas. Studi lain juga menemukan, melewatkan sarapan berhubungan dengan kenaikan berat badan.

Hal ini berlaku ketika dibandingkan dengan kebiasaan makan sebelum tidur yang juga dapat meningkatkan risiko kegemukan.

ini berlaku ketika dibandingkan dengan kebiasaan makan sebelum tidur yang juga dapat meningkatkan risiko kegemukan.

Sarapan dengan mengonsumsi makanan yang tepat, menjadi salah satu hal krusial dalam program diet kamu. Berikut ini tips memilih sarapan untuk menurunkan berat badan dari dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons seperti dilansir dari KlikDokter.

1. Sarapan dengan kompleks

 

Hindari sarapan dengan makanan berat, misalnya nasi dilengkapi lauk-pauk. Nasi putih mengandung kompleks. jenis ini cepat dicerna dan diubah menjadi energi.

2. Konsumsi serat dalam jumlah cukup

Mengonsumsi cukup serat dapat mengurangi porsi makan siang dengan lebih mudah. Sehingga, kamu tidak akan merasa terlalu lapar di siang hari.

Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan berserat yang kamu sukai, misalnya, alpukat, pisang, atau apel. kamu dapat menyajikan buah-buahan bersama roti gandum, yoghurt rendah lemak dan bubur gandum.

3. Makanan tinggi

Salah satu cara mengatasi penurunan gula darah adalah dengan mengonsumsi sumber saat sarapan. Contoh makanan tinggi adalah telur dan keju.

dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Konsumsi terlebih dahulu juga dapat mengurangi lonjakan gula darah.

4 Makanan mengandung lemak baik

Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, contohnya alpukat.

Lemak baik akan lebih lambat dicerna, sehingga membantu kamu kenyang lebih lama. Penting juga menghindari makanan yang digoreng.

Bila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, jangan tinggalkan sarapan. Sarapan justru membantu berat badan turun sepanjang dilakukan dengan menu tepat.

Mari gencarkan hidup sehat dan dukung diet kamu dengan teratur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here