Sunday, 5 May 2024
HomeHiburanIni 4 Figur Publik yang Ikut Tren NFT, Ada yang Sudah Ludes...

Ini 4 Figur Publik yang Ikut Tren NFT, Ada yang Sudah Ludes Terjual Loh

Bogordaily.net– Beberapa waktu belakangan atau Non Fungible Token () tengah ramai diperbincangkan di Indonesia. Hal tersebut mencuat usai pemuda bernama berhasil meraup miliaran rupiah berkat foto selfienya sebagai produk laku keras di OpenSea, platform perdagangan atau marketplace NFT terbesar di dunia. Para publik figur pun tak mau ketinggalan.

Pada laman Opensea miliknya, ia memberikan deskripsi singkat soal NFT Everyday yang dijualnya. Foto selfie yang jumlahnya hampir 1.000 buah itu dikumpulkan secara konsisten selama lima tahun terakhir.

“saya mengambil foto diri sendiri sejak saya berusia 18 tahun sampai 22 tahun (2017-2021). Ini sungguh foto saya di depan komputer setiap hari,” tulis pada keterangan akun OpenSea miliknya.

juga menambahkan dalam satu foto selfie dihargai dengan harga terendah yaitu 0,3 Ethereum atau sekitar Rp14,3 juta. Sementara itu, foto selfie dari koleksi Everyday paling mahal dijual sebesar 66.346 ETH (setara Rp 3,1 triliun).

Selain , beberapa publik figur tanah air juga tampaknya mulai menyelami tren NFT dengan menjual berbagai karya atau hal lainnya secara digital. Siapa saja kira-kira publik figur ini?

Luna Maya

Pada Juni 2021 lalu, Luna Maya digandeng perusahaan asal Jepang yakni Tokau untuk bekerja sama dalam  merilis NFT karya digital orisinal. Luna merils karya digitalnya itu dengan jumlah terbatas, yakni hanya 10 item dengan didukung Gushcloud International. Ia memasarkan di platform jual beli NFT, Bakery Swap.

Syahrini


Penyanyi cantik Syahrini dalam NFT menjual karya seni digital berupa avatar yang bergambar dirinya mengenakan dress panjang berwarna lilac serta kacamata besar yang merupakan ciri khasnya. Koleksi Syahrini ini disebut-sebut NFT berhijab pertama di dunia.

NFT ini juga diketahui perpaduan dari IP Syahrini dengan game yang didukung dengan 3 Binance Smart Chain (BSC). Ada 17.800 unit aset NFT yang dijual Syahrini melalui platform NFT Binance, yang masing-masing dibanderol dengan harga 20 Binance USD (BUSD) atau sekitar Rp286.000.

Beberapa jam setelah meluncur, pelantun lagu Jangan Memilih Aku tersebut mengeklaim bahwa belasan ribu aset NFT yang dilego di Binance ludes terjual.

Anang Hermansyah


Musisi Anang Hermansyah bersama istrinya, Ashanty, juga berencana untuk meluncurkan metaverse dan NFT mereka. Dalam waktu dekat, Anang akan meluncurkan token ASIX.

Bukan sekadar karya NFT, ASIX merupakan token yang memungkinkan pengguna memainkan beragam game berteknologi blockchain yang mengusung tema Pay-to-Earn (P2E). Adapun game-game yang bisa dimainkan nanti bakal bertema tradisional khas Indonesia, seperti Congkak, Layangan, Komodo Legends, dan lain sebagainya.

Ridwan Kamil

Deretan terakhir, tokoh yang ikut tren NFT adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal itu diketahui dari salah satu unggahannya di Instagram. Dalam unggahannya itu, Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan bahwa ia membantu menjual karya lukisan milik salah satu seniman yang biasa berkarya di Jalan Braga, Bandung lewat platform OpenSea.

Di sana, lukisan tersebut berhasil terjual dengan harga berlipat-lipat. Lantaran itu, Kang Emil  berencana untuk membuat akun khusus di salah satu platform NFT, untuk membantu menjual berbagai karya digital para seniman di Jawa Barat.

“Alhamdulillah, kami berhasil bereksperimen, menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga Bandung ini, yang biasanya 500 ribu rupiah melonjak 8 kali lipat menjadi 4,2 juta rupiah atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea ,” tulisnya di Instagram belum lama ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here