Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalIni Asal Usul Kata Nusantara, Nama Ibu Kota Negara Baru

Ini Asal Usul Kata Nusantara, Nama Ibu Kota Negara Baru

Bogordaily.net–Presiden Joko Widodo memutuskan memberi nama sebagai nama ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Bagaimana asal-usul kata itu sendiri?

Dilansir dari Suara.com, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah sebutan nama bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Nama terdiri dari gabungan dua kata yakni “nusa” dan antara”. Kata “nusa” dalam bahasa Jawa kuno memiliki arti pulau dan “antara” dalam bahasa sansekerta berarti jarak, luar, atau selisih.

“Lamun huwus kalah isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana isun amukti palapa.”

Artinya, “Jika telah mengalahkan , saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikian saya (baru akan) melepaskan puasa.”

Nama ini kembali populer di saat masa pemerintahan Hindia Belanda. Kala itu, Ki Hadjar Dewantara mengusulkan nama sebagai pengganti nama untuk wilayah Hindia Belanda. Hal ini karena, nama tidak mengandung unsur nama asing.

Diberitakan sebelumnya, sebagai nama ibukota negara ini telah diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara.

Menurut Suharso, nama Nusantara dipilih menjadi nama ibu kota negara baru, karena kata tersebut telah dikenal dan menjadi hal yang ikonik di mata internasional. Ibu kota negara (IKN) yang baru akan berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here