Thursday, 18 April 2024
HomeEkonomiIni Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi 2022

Ini Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi 2022

Bogordaily.net – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengklaim pemerintah telah memiliki agar bisa menjaga pertumbuhan ekonomi tahun 2022. Kebijakan gas dan rem dalam penanganan pandemi tetap dilakukan di tahun ini.

Selain itu, pemerintah masih menyediakan dana untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional atua PCPEN sebesar Rp414 triliun.

“KPCPEN menyediakan dana 414 triliun dengan program di bidang kesehatan, perlindungan masyarakat, serta pemulihan ekonomi jadi formula dari 2 tahun ini kita lanjutkan,” kata Airlangga seperti dikutip dalam Crosscheck Medcom, Minggu 9 Januari 2022.

Namun demikian, Ketua Komite PCPEN ini mengalihkan konsentrasi dana PEN pada tahun 2022 yang tadinya untuk bantuan sosial menjadi ke arah produktivitas. Hal ini dilakukan, karena pemerintah melihat pemulihan ekonomi sudah berlangsung sejak tahun 2021

“oleh karena itu, beberapa hari kami lakukan yang mendorong produktivitas. Itu di sektor pertanian, untuk padat karya, dan kegiatan yang secara kredit kami perluas jumlahnya ke Rp373 triliun,” ucap dia.

Tidak hanya itu, tambah Airlangga, pemerintah juga meminta perbankan untuk terus menyalurkan Kredit Usaha Rakyat () ke .

Dalam hal ini, pemerintah telah memberikan kelonggaran di mana pelaku bisa mengajukan hingga Rp 100 juta tanpa adanya jaminan.

“Dan khusus 6 bulan pertama ini presiden sudah menyetujui, kita tetap subsidi diberikan kepada masyarakat di angka 3 persen, sehingga dengan demikian kita berharap sektor terus bergerak,” pungkas Airlangga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here