Monday, 29 April 2024
HomeNasionalJangan Baperan: Tifatul Sembiring Bela Edy Mulyadi, Tak ada SARA yang Dilontarkan

Jangan Baperan: Tifatul Sembiring Bela Edy Mulyadi, Tak ada SARA yang Dilontarkan

Bogordaily.net – Pernyataan Edy Mulyadi soal viral di media sosial. Dalam video yang viral itu berisi SARA, Edy mengungkit soal Timur yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Pernyataan Edy Mulyadi dianggap menghina Timur dan memunculkan tanda pagar di Twitter. Tagar itu viral bersamaan dengan tagar #TangkapEdyMulyadi.

Pasukan Merah Dayak meminta mantan caleg PKS itu untuk datang ke dan meminta maaf langsung kepada rakyat , dan juga akan memberikan Edy hukuman adat.

Selain itu, kelompok elite ini juga eminta kepada pihak kepolisian untuk menindaklanjuti kasus Edy Mulyadi atas pernyataannya yang menyebut sebagai tempatnya jin buang anak.

Suku dayak, menantang Edy Mulyadi untuk datang ke Timur.

Berbeda dengan sikap suku Dayak di , serta kebanyakan publik yang menyoroti negatif dan tersinggung atas pernyataan Edy Mulyadi.

Politisi PKS, Tifatul Sembiring tampak membela wartawan senior Edy Mulyadi yang belakangan ini menuai sorotan publik usai pernyataannya soal tempat jin buang anak dinilai menghina warga .

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring mengatakan bahwa kejadian ini sebetulnya tak perlu dibesar-besarkan. Menurut Tifatul, Edy tidak melakukan penghinaan apapun.

“Nggak ada kalimat menghina. Yang menghina yang mana? Nggak ada delik hukumnya juga. SARA juga enggak ada,” ujar Tifatul di sela-sela Pelantikan Dewan Pakar DPP PKS di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin, 24 Januari 2022, dilansir dari Jawa Pos.

Anggota Komisi I DPR ini mengaku sudah bertanya kepada rekan-rekannya yang orang Jakarta atau dari suku Betawi mengenai kalimat ‘tempat jin buang anak' tersebut. Kata Tifatul, rekan-rekannya tersebut menjawab ‘tempat jin buang anak' merupakan konotasi dari lokasi yang jauh, sepi, dan seram.

Menurut pendapatnya ia menilai bahwa, pernyataan Edy Mulyadi itu sama sekali tak mengandung delik hukum. Selain itu, Tifatul juga menilai ucapan Edy Mulyadi saat berbicara soal pemindahan ibu kota negara itu juga tidak mengandung unsur penghinaan maupun SARA.

“Sudahlah. Kita ini ada 1.342 suku, ada 800 bahasa, ada 17.508 pulau dan sekian budaya. Udah, jangan baperan deh, dikit-dikit kesinggung, nanti susah bergaul kita ini. Nanti orang Batak ngomong kenceng, tersinggung. Jadi saling memahamilah. Suku bangsa begitu banyak tapi dikit-dikit kesinggung, kapan nikahnya kita,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here