Sunday, 6 October 2024
HomeNasionalJokowi Putuskan Nusantara jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Alasannya

Jokowi Putuskan Nusantara jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Alasannya

Bogordaily.net– Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan alasan pemilihan nama ibu kota negara (IKN) yakni Nusantara yang terletak di wilayah Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur.

Nama Ibu Kota tersebut ialah Nusantara. Nama itu juga dipilih langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat 14 Januari 2022, pekan lalu.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat (14 Januari 2022) dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara (IKN) ini namanya Nusantara,” kata Suharso, dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Kompleks Parlemen, Jakarta, hari ini, Senin, 17 Januari 2022.

Suharso menyebutkan salah satu alasan nama Nusantara dipilih karena sudah dikenal sejak dahulu dan menjadi ikonik di dunia internasional.

Tak hanya itu, nama Nusantara mudah dan menggambarkan kenusantaraan bangsa Indonesia.

“Saya yakin kita semua setuju dengan istilah Nusantara ini,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menjabarkan, Nusantara adalah sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi, di mana terdapat banyak pulau-pulau dan disatukan oleh lautan.

“Mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” beber Suharso

Hal ini kata dia, menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Dari situ pula, terungkap sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang melandasi kemajemukan budaya etnis.

“Jadi Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan Ibu Kota Indonesia dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi,” tandas Suharso.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here