Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorKantor Bupati Bogor di Cibinong Bersiap, Warga Rumpin Akan Gelar Aksi Unjung...

Kantor Bupati Bogor di Cibinong Bersiap, Warga Rumpin Akan Gelar Aksi Unjung Rasa

Bogordaily.net—Kesal aspirasinya tak kunjung di tanggapi ratusan warga di Kecamatan Rumpi bakal melakukan aksi ujung rasa di depan Kantor pemerintahan Bupati di Cibinong.

Rencananya aksi itu akan dilaksanakan pada Kamis mendatang yaitu untuk menolak rencana Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Tokoh Masyarakat Kampung Rumpin Dalam, Ridwan Darmawan mengaku, warga di dua desa jauh sebelumnya sudah menolak dengan adanya rencana pembangunan TPST di lahan Pemkab seluas 8,3 hektar.

“Kita akan melakukan aksi demo, rencananya aksi demo tersebut di pendopo bupati cibinong,”kata Mantan Pengacara Pemenangan Jokowi-JK ini kepada wartawan, Minggu 30 Januari 2022.

Ia menilai, masyarakat sangat kecewa dengan sikap Bupati yang memaksakan program TPST di Rumpin. Bahkan lahan yang terletak di Desa Kampung Sawah telah direkomendasikan oleh DPRD Kabupaten beberapa waktu lalu untuk dibangun Arena Road Race.

“Padahal jika mengacu kepada UU MD3, Pasal 98 ayat 6 UU tentang MPR, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten . Maka untuk tingkat pusatnya, antara DPR RI dengan mitra kerjanya  pemerintah,”jelas Ridwan.

Ridwan mengaku, rekomendasi rapat kerja bersipat mengingat dan wajib dilaksanakan oleh pemerintah. Tentu saja ditingkat pemerintahpun, melalui Tatib DPRD Kabupaten harusnya demikian. Jadi rekomendasi hasil kerja antara DPRD Kabupaten dengan Dispora dan DLH harusnya mengikat dan wajib di Laksanakan Pemerintah Kabupaten .

“Artinya sesuai rapat waktu, DLH silahkan melanjutkan programnya. Tetapi harus cari tempat lain, selain dilokasi yang sudah direncakan sebelumnya,”ucap Ridwan.

Menurutnya, warga rumpin tidak tinggal diam, pihaknya sudah konsolidasi dan akan segera menyalurkan aspirasi penolakan TPST secepatnya. Sehingga usulan TPS itu bukan dari kecamatan atau desa.

“Anggota dewan dapil 5 asal rumpin juga tidak pernah merasa ada usulan pembangunan TPST itu dalam rapat musrembang yang diikuti,”kata Ridwan.

Kordinator Aksi, Junaedi Adhi Putra, menambahkan, hasil dari kesepakatan warga, rencananya aksi demo akan dilakukan pada hari kamis mendatang, aksi ini menuntut penolakan pembangunan TPST yang rencananya akan dibangun di rumpin.

“Kami sudah melakukan konsolidasi dengan beberapa tokoh dan mahasiswa, kita tolak TPST di Rumpin dan menuntut transparansi Pemerintah Kabupaten dalam Pembangunan,''kata Junaedi.

Dikonfirmasi, Camat Rumpin Ade Zulfahmi, soal warga yang akan menggelar aksi demo terkait penolakan TPST, pihaknya belum mengetahui rencana aksi tersebut.

“Belum tahu Kang? Ternyata TPST sudah masuk ke RPJMD, perlu sosialisasi intens kembali seperti meninjau lokasi ke IPB yang katanya sudah berhasil mengelola sampah secara modern untuk mengetahui seberapa besar manfaat TPST bagi warga sekitar,''katanya.

 

Ruslan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here