Kemendag Tertibkan Robot Trading PT DNA Pro Akademi yang Tak Berizin

Menu

Mode Gelap
Info Lalu Lintas Puncak Hari Ini, Sabtu 10 Desember 2022 Prediksi Inggris vs Prancis Piala Dunia 2022, Minggu 11 Desember 2022 Piala Dunia 2022 : Jadwal Maroko vs Portugal, Sabtu 10 Desember Harga dan Lokasi Perpanjang SIM di Simling Kabupaten Bogor Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 10 Desember 2022

Ekonomi · 29 Jan 2022 00:03 WIB

Kemendag Tak Main-main, Tertibkan Robot Trading PT DNA Pro Akademi yang Tak Berizin


 Kemendagri Terbitkan PT DNA Pro yang Tidak Memiliki Izin di Jakarta, 28 Januari 2022. (metropolitan/Bogordaily.net) Perbesar

Kemendagri Terbitkan PT DNA Pro yang Tidak Memiliki Izin di Jakarta, 28 Januari 2022. (metropolitan/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) dan Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti) menindak tegas terhadap pelaku usaha penjualan expert advisor/robot trading yang tak miliki izin.

Tindakan tegas dilakukan kepada PT DNA Pro Akademi pada hari ini, Jumat, 28 Januari 2022, di Jakarta.

“Kegiatan penertiban ini merupakan hasil temuan pengawasan terhadap PT DNA Pro Akademi yang telah menjalankan kegiatan usaha penjualan expert advisor/robot trading dengan menggunakan sistem MLM atas dasar legalitas berupa nomor induk berusaha (NIB) dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 47999 (perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima, dan los pasar lainnya) yang belum berlaku secara efektif, terverifikasi, atau tidak memiliki izin usaha penjualan langsung,” ujar Direktur Jenderal PKTN Veri Anggrijono pada kesempatan terpisah.

Sementara itu, Direktur Tertib Niaga Sihard Hadjopan Pohan menjelaskan, berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, kegiatan usaha penjualan langsung termasuk dalam kategori risiko tinggi.

“Pelaku usaha penjualan langsung yang tidak memiliki perizinan berusaha dapat dikenakan ketentuan pidana. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja-Sektor Perdagangan,” tutur Pohan.

Kementerian Perdagangan, lanjut Pohan, berkewajiban melakukan pengawasan terhadap kepatuhan dan ketertiban pelaku usaha agar memenuhi persyaratan dan kewajiban dalam berusaha.

“Kegiatan pengamanan ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelaku usaha yang tidak taat ketentuan dan memberikan contoh kepada pelaku usaha lain agar menjalankan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan,” jelas Pohan.

Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti Aldison menambahkan, kegiatan yang dilakukan PT DNA Pro Akademi diduga melanggar ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2011 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

“Sebagai salah satu anggota Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi, Kemendag menindaklanjuti keputusan Satgas yang telah melarang kegiatan usaha PT DNA Pro Akademi pada November 2021,” pungkas Aldison.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

KemenKopUKM Evaluasi Kebijakan Penyediaan Tempat Promosi dan Infrastruktur Publik bagi UMKM

10 Desember 2022 - 09:43 WIB

promosi usaha

Harga BBM Non Subsidi Naik, Cek di SPBU Kabupaten Bogor

9 Desember 2022 - 18:52 WIB

25 Pelaku Usaha IKM Terima Sertifikasi Halal

9 Desember 2022 - 18:50 WIB

Redbox Durian Frozen Food Tawarkan Big Promo Sosis Bakar, Cekidot!

9 Desember 2022 - 16:17 WIB

Redbox Durian Frozen Food, Tawarkan Big Promo Sosis Bakar. Cekidot!

SesKemenKopUKM: Wirausaha Produktif Harus Dicetak Sejak Dini

9 Desember 2022 - 14:26 WIB

Wirausaha Produktif

Erick Thohir Dorong Digitalisasi, Transaksi Super Apps BRImo Tembus Rp2.000 T

9 Desember 2022 - 14:17 WIB

Trending di Ekonomi