Friday, 3 May 2024
HomeEkonomiKemenKopUKM Percepat Transformasi Digital UMKM dengan Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Di...

KemenKopUKM Percepat Transformasi Digital UMKM dengan Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Di Tahun 2025

Bogordaily.net – Staf Ahli Menteri Bidang Makro Rulli Nuryanto menegaskan, Kementerian Koperasi dan UKM () terus mendorong pelaku UMKM agar onboarding kedalam .

Hal ini di karenakan, pada tahun 2025 proyeksi potensi digital Indonesia berdasarkan data google, tamasek & bain company mencapai Rp1.700 triliun.

“Untuk mencapai hal tersebut, terus berupaya meningkatkan literasi digital dan dukungan meningkatkan kualitas dan pasar prdouk UKM dan kapasitas SDM UKM melalui berbagai program kami,” ungkap Staf Ahli Menteri Bidang Makro Rulli Nuryanto, dalam acara Rapat Pimpinan Kamar Dagang Indonesia di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Rulli, saat ini per Desember 2021, sebanyak 17,25 juta pelaku UMKM telah onboarding ke dalam . Di tahun 2024 ini,kami menargetkan 30 juta UMKM onboarding kedalam ekosistem digital.

“Sementara untuk koperasi, saat ini telah ada 202 koperasi digital di tahun 2021, dari target 100 koperasi. Ditargetkan tahun 2022 ini bakal ada 200 koperasi digital,” katanya.

Lebih lanjut Rulli Nuryanto menjelaskan, di tahun 2021 telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, dalam rangka  perpcepatan digitalisasi koperasi dan UMKM Indonesia.

“Kami telah bekerjasama dengan Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Bukalapak, Gojek, Grab, dan stakeholder lainnya,” tutur Rulli.

Disamping itu, lanjut Rulli, untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM, menggandeng 11 lembaga incubator, baik dari swasta ataupun universitas.

“Beberapa waktu lalu kami telah melakukan roadshow kilinik UMKM dengan Bukalapak, diharapkan dengan adanya roadshow ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi teknologi bagi pelaku UMKM,” ujarnya.

Rulli menambahkan, di tahun 2022 fokus dalam agenda pemulihan transformatif , diantaranya 70% prioritas program menyasar pelaku UMKM dan koperasi, anak muda, perempuan dan fokus dalam mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan.

“Selanjutnya, akses pembiayaan UMKM dan poperasi pergeser dari pektor perdagangan ke sektor riil. Pembiyaaan LPDB-KUMKM 40% untuk sektor riil. Hal ini juga pembiayaan perbankan dan non perbankan diharapkan dapat lebih terkonsolidasi ke dalam ekosistem sektor riil,” jelas Rulli.

Lebih lanjut, ditargetkan sebesar 30% dari total pelaku usaha, sebesar 20 juta UMKM terhubung kedalam ekosistem digital.

“Dan terakhir, diharapkan tahun 2022 ini, 70% dari total UMKM sudah mengalami pemulihan usaha,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here