Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaKenali 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dikenali

Kenali 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dikenali

Bogordaily.net () disebabkan oleh nyamuk  yang berperan sebagai vektor (pembawa atau penyebar). Penyakit ini menyebabkan gejala demam tinggi dan flu. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

Dilansir dari Rumah Sakit AZRA Bogor, ada 3 fase yang harus dikenali pada , yaitu :

1. Fase Demam

Biasanya penderita akan mengalami demam tinggi yang mencapai 40 derajat celcius, diikut dengan muka dan kulit kemerahan.

Adapun nyeri yang dirasakan di seluruh tubuh, sakit kepala, mual muntah, infeksi tenggorokan, dan sakit di sekitar bola mata.

2. Fase Krisis

Pada fase ini biasanya menjadi fase pengecohan, karena penderita merasa sembuh. Fase kritis ini berlangsung tidak lebih dari 24 sampai 38 jam.

Hal ini ditandai penurunan suhu tubuh hingga 37 Celcius, dan memasuki resiko tertinggi untuk mengalami kebocoran pembuluh darah yang bisa terindikasi muntah secara terus menerus, mimisan, pembesaran organ hati, dan nyeri perut.

3. Fase Penyembuhan

Sampai ke fase pemnyembuhan penderita kembali akan mengalami demam, trombosit perlahan naik dan normal kembali, juga cairan tubuh secara perlahan kembali pada 48 sampai 72 jam setelahnnya.

Dilanjutkan dengan meningkatnya nafsu makan, penurunan gejala nyeri perut dan diuretik yang membaik dan sel darah putih dan trombosit kembali normal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here