Kru 'Penyalin Cahaya' Diduga Terkait Pelecehan Seksual, Sutradara

Menu

Mode Gelap
DLH Kabupaten Bogor Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut Lakukan Penataan Kemacetan, Ade Yasin Perintahkan Jajarannya Terjun Langsung Kembalikan Jenazah Pahlawan Kemerdekaan Korea, Moon Jae-in Apresiasi Kazakhstan Satu Siswa Positif Covid-19, SMPN 1 Cibinong Hentikan PTM Imbas Ricuh Mapolda, Ketum LSM GMBI Dibekuk Polda!

Selebritis · 11 Jan 2022 15:17 WIB

Kru Penyalin Cahaya Tersandung Kasus Pelecehan Seksual, Sutradara Ambil Langkah Tegas


 Penyalin Cahaya Hapus Nama Kru dari Kredit Film, Tersangkut Kasus Pelecehan Seksual. (lifestyle/Bogordaily.net) Perbesar

Penyalin Cahaya Hapus Nama Kru dari Kredit Film, Tersangkut Kasus Pelecehan Seksual. (lifestyle/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Penyalin Cahaya bikin gempar akhir tahun lalu lantaran memborong 12 Piala Citra di malam puncak FFI 2021, termasuk Film dan Sutradara Terbaik. Memasuki masa penayangannya, salah satu kru Penyalin Cahaya diduga melakukan tindak pelecehan seksual.

Dibintangi Shenina Cinnamon dan Chicco Kurniawan, karya sineas Wregas Bhanuteja ini mengisahkan mahasiswi penerima beasiswa bernama Suryani yang jadi korban pelecehan seksual di lingkungan kampus

Sebentar lagi rilis di Netflix, film Penyalin Cahaya justru tercoreng kasus kekerasan seksual. Hal ini karena terdapat temuan tindak kekerasan seksual yang dilakukan salah satu anggota kru.

Karena hal itu, tim Penyalin Cahaya mengambil sikap tegas dan mengecam tindakan tersebut.

Tim film Penyalin Cahaya pun langsung menyatakan sikapnya melalui sebuah unggahan di Instagram. Mereka langsung mencoret kredit nama pihak terlapor itu dari film tersebut.

“Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas. Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting film ‘Penyalin Cahaya’ yang berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami. Berdasarkan informasi yang kami terima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual, kami mendapati sebuah nama dari tim film ‘Penyalin Cahaya’ tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya.”

Informasi tersebut berisikan bahwa ada nama dari anggota kru yang tercatat sebagai terlapor atas dugaan kekerasan seksual di masa lalu.

Akan kejadian tersebut, Rekata Studio dan Kaniga Picture pun mengambil tindakan tegas dengan menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya.

Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film ‘Penyalin Cahaya’ dan Rekata Studio.

Rekata Studio & Kaninga Pictures sangat serius dalam menyikapi kejadian ini dan berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat.

“Kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat,” tutupnya.

Hingga saat ini pun belum jelas siapa sebenarnya terlapor yang diungkapkan tersebut.

Film Penyalin Cahaya sendiri menceritakan tentang kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan pendidikan.

Film ini mengisahkan tentang mahasiswi berprestasi penerima beasiswa bernama Sur yang tengah menghadiri pesta kemenangan teater kampusnya. Dia tiba-tiba tidak sadarkan diri dan baru menyadari jika foto selfienya yang tengah mabuk tersebar.

Sutradara Wregas Bhanuteja sendiri ingin menggaungkan isu penuntasan kekerasan seksual lewat film ini.

Sikap tegas yang tertuang dalam surat pernyataan ini adalah bukti komitmen tim Penyalin Cahaya yang selaras dengan pesan yang disampaikan lewat filmnya.***

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Akibat Layangan Putus, Ternyata Sahabat Chicco Jerikho Kena Imbasnya

29 Januari 2022 - 02:00 WIB

Layangan Putus

Dari Bukittinggi, Keluarga Jemput Jenazah DJ Indah Cleo

28 Januari 2022 - 23:54 WIB

Heboh, Polisi Bergelantungan di Kap Mobil Demi Gagalkan Perampasan

28 Januari 2022 - 23:18 WIB

Selain Aliando Syarief, Ini Dia Artis yang Pernah Idap OCD

28 Januari 2022 - 22:58 WIB

Viral! Beredar Video Mobil Mercy Dirusak Warga di Yogjakarta,

28 Januari 2022 - 22:53 WIB

Mercy

Mengejutkan, Cristiano Ronaldo Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

28 Januari 2022 - 22:27 WIB

Pandangan pertama
Trending di Selebritis