Friday, 29 March 2024
HomeKulinerKuliner Legendaris di Bogor, Cungkring Pak Jumat Jalan Suryakencana

Kuliner Legendaris di Bogor, Cungkring Pak Jumat Jalan Suryakencana

Bogordaily.net– Bogor memang terkenal dengan ragam kulinernya yang lezat. Tak heran bila Kota Hujan ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk wisata kuliner.

Bicara soal Bogor, siapa tidak tahu Jalan Suryakencana. Jalan ini menyimpan deretan penjual makanan khas Bogor yang legendaris. Salah satunya adalah cungkring, wisata kuliner yang wajib dicoba.

Hidangan ini terdiri dari jeroan sapi, lontong, dan disiram oleh bumbu kacang. Salah satu cungkring yang terkenal dari Jalan Suryakencana adalah .

Bermodalkan gerobak gendong dan berkeliling di Jalan Suryakencana, cungkring ini sudah melayani pelanggannya sejak 1975.

sudah dikenal oleh para pelanggannya dari generasi ke generasi. Raisman mengungkapkan bagaimana pelanggan setia dari ini membawa anak, cucuknya untuk menikmati cungkring satu ini.

Seporsi cungkring ini berisi potongan jeroan sapi seperti cingur, kikil, urat, kuping, daging, dan masih banyak lagi. Setelah itu diberi lontong dan kripik tempe.

Jeroan direbus dengan bumbu kuning lalu dihidangkan dengan dipotong kecil-kecil.

Bumbu kuning tidak terasa terlalu kuat. Potongan jeroan tidak berbau prengus, tetapi cita rasa khas dari sapinya masih terasa. Kripik tempe digoreng garing dan memiliki rasa yang gurih, asin dari ketumbar.

Setelah itu potongan jeroan dan kripik tempe di potong lalu dicampurkan dengan irisan lontong. Di atasnya diberi saus kacang yang melumuri semua bagian isiannya. Saus kacang memiliki cita rasa manis, gurih, dan sedikit asin.

Sekilas sausnya mirip dengan saus kacang pada sate. Tidak lupa hidangan ini diberi kecap manis di atasnya.

Pengunjung juga bisa menikmati cungkring dengan sambal hijau yang sudah disediakan dan bisa menambahkannya sesuai selera.

Rasa dari cungkring yang dihadirkan sangat membaur dengan baik. Rasa asin dari kripik tempe menyatu dengan seimbang dengan rasa bumbu kacang yang sedikit manis.

Dulunya melayani pengunjung dari pukul 07.00 hingga 09.00. Namun tingginya minat pelanggan membuat dibuka dari pukul 07.00 hingga 17.00.

Untuk menikmati ini bisa langsung ke Jalan Suryakencana dan di sebrang Gg. Aut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here