Saturday, 4 May 2024
HomeEkonomiMenteri Teten Segera Efektifkan PLUT KUKM, Palu Diharap Lebih Fokus

Menteri Teten Segera Efektifkan PLUT KUKM, Palu Diharap Lebih Fokus

Bogordaily.net–  Kementerian Koperasi dan UKM akan mengefektifkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM agar betul-betul menjadi teman bagi dalam mengembangkan usahanya. Palu, diharap lebih fokus pada keunggulan .

Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, Palu memiliki banyak produk unggulan. Produk unggulan dari coklat yang didukung ketersediaan bahan baku. Begitu juga dengan rotan, dimana Palu merupakan salah satu penghasil rotan.

“Terlabih lagi, Sulteng khususnya Palu, banyak sekali produk unggulan yang bisa kita kembangkan,” kata Menteri Koperasi dan UKM , saat mendampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam agenda Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah, di Kota Palu, Jumat, 7 Januari 2022.

Teten berharap para disana bisa lebih fokus pada keunggulan . Tujuannya agar dapat masuk ke pasar nasional maupun pasar internasional.

Apalagi, saat ini, terkait perijinan usaha bagi UMKM sudah sangat dipermudah. Misalnya, izin usaha hanya perlu Nomor Induk Berusaha (NIB), dan hanya mendaftar saja di OSS secara online.

“Dengan itu, nanti akan mudah untuk mendapatkan izin edar dari BPOM. Kalau itu memerlukan izin edar, sertifikasi halal, bisa melalui akses NIB itu,” imbuh MenKopUKM.

Lebih dari itu, Teten juga berharap, sebaiknya di Mall Pelayanan juga mengintegrasikan pelayanan untuk fokus pada keunggulan domestik yang dimiliki Palu.

“Pasalnya, hampir 90% ada di Kota Palu. Saya meminta Pemerintah Kota Palu untuk dapat mengintegrasikan pelayanan bagi dengan adanya Mall Pelayanan Publik tersebut,” jelas Teten.

MenKopUKM menegaskan bahwa pihaknya menggulirkan aneka program untuk melahirkan banyak wirausaha tangguh dengan fokus pada keunggulan domestik.

“Sulteng kaya akan sumber lautnya. Bawang merah juga terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, kita harus kembangkan koperasi dan UKM berbasis keunggulan domestik. Dan perbankan harus melirik ini,” pungkas MenKopUKM.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here