Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorMUI Kabupaten Bogor Dorong Mahasiswa Menangkal Radikalisme

MUI Kabupaten Bogor Dorong Mahasiswa Menangkal Radikalisme

Bogordaily.net – Ketua Bidang Pendidikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengajak kalangan mahasiswa untuk bersama-sama .

“Kami harus belajar dari beberapa negara di Timur Tengah yang terus menerus konflik sektarian dikarenakan tidak adanya titik temu antara agama dan bernegara,” kata Saepudin dalam seminar bertajuk “Implementasi Peran Mahasiswa dalam Upaya Menangkal Paham Menuju Bogor Berkeadaban” di Dramaga, Bogor, Ahad, 25 Januari 2022.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadyah (IMM) Bogor itu, Saepudin mengajak mahasiswa untuk memperkuat moderasi wawasan kebangsaan dan pemahaman keagamaan.

Menurut dia, internalisasi wawasan kebangsaan dan keagamaan yang utuh akan menangkal paham-paham radikal.

Saepudin yang juga merupakan Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor mengklaim pihaknya berkomitmen mewujudkan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bogor, yakni Karsa Bogor Berkeadaban yang bertujuan meningkatkan kesalehan sosial.

Sementara itu, Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar Iman Imanuddin meminta kaum milenial memanfaatkan media sosial sebagai sarana menyebarkan informasi positif.

“Mahasiswa itu agent of change. Karenanya, harus mampu berkontribusi besar dalam memutus mata rantai penyebaran hoaks, fitnah, atau ujaran kebencian,” kata iman.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor Komisi IV, Ridwan Muhibi menyebutkan bahwa, mahasiswa harus mendapatkan pendidikan karakter yang sesuai dengan kultur di Kabupaten Bogor.

“Mahasiswa harus mendapatkan pendidikan karakter yang tepat untuk mewujudkan Bogor Berkeadaban. Hal ini dikarenakan mahasiswa sebagai generasi masa depan Bogor,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here