Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab: Sengketa Lahan Sentul City Dibahas Secara Tertutup, Antisipasi Picu Kericuhan Warga

Pemkab: Sengketa Lahan Sentul City Dibahas Secara Tertutup, Antisipasi Picu Kericuhan Warga

Bogordaily.net – Guna menyelesaikan permasalahan di kawasan Sentul, Babakan Madang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama unsur Forkopimda serta DPRD Kabupaten Bogor menggelar di ruang rapat 1 gedung Sekda pada, Selasa 25 Januari 2022.

tersebut dihadiri Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanuddin, perwakilan DPRD Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor, AKBP Imanuddinman Imanuddin, Komite I DPD RI, Camat Babakan Madang, Cecep Imam Nagarasid, hingga Kepala Desa Bojong Koneng.

“Intinya, satu, agar permasalahan sengketa ini bisa dituntaskan. Jangan sampai mengganggu keamanan dan ketertiban, terutama untuk masyarakat setempat. Harus ada solusi,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanuddin Selasa 25 Januari 2022.

Lanjutnya ia mengatakan, ada beberapa yang dibahas dalam agenda rapat tersebut, salah satunya meminta pihak agar memperhatikan masyarakat sekitar.

“Terus juga Sentul (City) juga harus memperhatikan masyarakat setempat,” terangnya,” tambahnya.

Selain itu, anggota Komite I DPD RI, Eni Sumarni menambahkan, beberapa solusi terkait antara dan warga. Pertama, harus mengutamakan warga setempat.

“Tadi ada beberapa ya, utamakan warga setempat. Kedua, mengidentifikasi mana warga pemilik lahan yang asli penduduk Sentul dan yang tidak. Khusus untuk yang dari luar Sentul yang bukan KTP Sentul, dibedakan mana yang hak milik dan mana yang tanah adat dan garapan,” ujarnya.

Eni membeberkan, salah satu penyebab muncul adalah ada orang menyerobot tanah yang lama telantar tanpa akta kepemilikan.

“Iya, karena orang kan kalau lama ditelantarkan tuh kan suka diserobot orang bisa saja. Karena lamanya tidak segera di akta,” pungkasnya.

 

Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here