Penderita Diabetes Tipe 2, Konsumsi Makanan Ini!

Menu

Mode Gelap
Rincian Harga Emas di Pegadaian Senin, 26 September 2022 Cepat dan Mudah, Berikut Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor Hari Ini Heboh Rumor Xi Jinping Dikudeta, Jadi Tahanan Rumah Bertambah, Kasus Positif Covid-19 di Tanah Air Capai 1.411 Pasien 5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Kesehatan · 29 Jan 2022 08:40 WIB

Penderita Diabetes Tipe 2, Konsumsi Makanan Ini!


 Ilustrasi diabetes.(Shutterstock) Perbesar

Ilustrasi diabetes.(Shutterstock)

Bogordaily.net–Pola makan penderita diabetes sangat diperhatikan. Sebab ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darahnya.

Penderita diabetes, baik tipe satu maupaun dua, membutuhkan insulin dalam jumlah besar untuk menjaga kadar glukosa atau gula darah dalam kisaran normal.

“Penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar glukosa darah sebaik mungkin karena kadar gula yang terlalu tinggi dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko komplikasi,” tulis Diabetes UK dilansir Suara.com.

Tetapi, ada juga makanan yang bagus untuk penderita diabetes karena dapat menjaga kadar glukosa tetap rendah, salah satunya apel.

Sebuah studi yang terbit dalam International Juornal of Pharma and Bio Sciences menganalisis efek apel setiap hari pada penderita diabetes.

Tujuan penelitian yakni untuk menyelidiki efek buah pada gula darah puasa (tingkat glukosa setelah tidak makan semalaman) dan tingkat lipid (lemak darah) pada penderita diabetes 2.

Setelah empat minggu mengonsumsi apel setiap hari, peneliti menemukan adanya penurunan kadar gula darah puasa secara signifikan. Tak hanya kadar gula darah yang turun, kadar kolesterol jahat dan lemak pun ikut menurun, lapor The Sun.

“Studi ini mengungkap bahwa apel ukuran sedang yang dikonsumsi penderita diabetes tipe dua dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan parameter lipid,” jelas peneliti.

Selain apel, buah pisang, setengah cangkir jus buah, susu segelas kecil susu juga dapat menjaga kadar glukosa tetap rendah.***

 

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Tertawa Ternyata Menyehatkan! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

26 September 2022 - 11:56 WIB

Wajib Tau, Ini 4 Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol

26 September 2022 - 10:42 WIB

makanan turunkan kolesterol

5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

26 September 2022 - 05:53 WIB

Penyakit Musim Hujan

Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Cepat Pakai Bahan Alami, Ampuh Banget

25 September 2022 - 20:22 WIB

cara mengatasi nyeri haid

Baik untuk Kesehatan, Inilah 5 Manfaat Tidur Tanpa Menggunakan Bra

25 September 2022 - 20:12 WIB

manfaat tidur tanpa bra

Penyakit DBD Meningkat, Kemenkes Minta Masyarakat Lebih Waspada

25 September 2022 - 19:03 WIB

Waspada DBD
Trending di Kesehatan