Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPerlu Tau! Mata Lelah Harus Punya Waktu Istimewa

Perlu Tau! Mata Lelah Harus Punya Waktu Istimewa

Bogordaily.net–  Dimasa pandemi ini, mengharuskan segala kegiatan belajar dan bekerja, dilakukan dirumah. Tak pelak, kondisi ini mengharuskan bekerja lebih lama menatap gawai, dan membuat lelah.

adalah salah satu panca indra yang memiliki tugas cukup berat. Aktivitas di depan layar computer atau  gadget ternyata membuat   menjadi lelah.

Tak dipungkiri, aktivitas monoton dan bekerja depan layar  bisa menyebabkan gangguan penglihatan pada . perlu rehat sejenak dari aktivitas di depan cahaya buatan yang bersumber dari komputer atau gadget.

Dilansir dari Nova, Menurut dr. Yunia Irawati Sp.M(K)., pun perlu perawatan. Bagaimana caranya?

“Kalau kita melakukan akomodasi atau rileks biasanya pandangan kita lebih dari enam meter. Itu yang disebut rileks tanpa akomodasi,” jelasnya pada Nova.id saat ditemui di FKUI, Salemba, Jakarta Pusat.

Ternyata, aktivitas outdoor sangat dianjurkan untuk . Saat berada di ruang terbuka, secara otomatis akan rileks dengan sendirinya.

Namun, jika pekerjaan menuntut kita berada di depan komputer dalam jangka waktu lama, ada baiknya kita istirahat, paling tidak satu jam sekali. Tidak usah lama-lama, cukup 10-15 menit.

“Bila pekerjaan menuntut berada di depan komputer terlalu lama, mata akan kelelahan dan butuh istirahat. Break selama 10-15 menit memandang jauh ke ruang terbuka. Tapi selama 15 menit itu jangan lihat gadget, ya,” tambahnya.

Selain itu, jika ada waktu berlibur atau rehat dalam waktu yang cukup, melihat pemandangam terbuka yang hijau sangat dianjurkan. Misalnya berlibur ke kebun the atau berkemah.

“Pemandangan hijau itu meneduhkan dan sangat baik. Warna hijau lebih nyaman untuk mata, begitu juga panjang gelombangnya,” tandasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here