Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPolisi Akui Kewalahan Hentikan Aksi Massa yang Keroyok Kakek di Cakung

Polisi Akui Kewalahan Hentikan Aksi Massa yang Keroyok Kakek di Cakung

Bogordaily.net – Kepolisian mengaku saat berusaha menghalau yang mengeroyok berinisial WH (89) di Jalan Pulokambing, kawasan JIEP, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, saat peristiwa pengeroyokan terjadi, dua anggota tim patroli Polres Metro Jakarta Timur berada di lokasi.

“Tapi karena jumlah yang banyak, lebih banyak dari anggota. Anggota cuma satu mobil yang mengejar dari belakang untuk melerai ini,” kata Endra Zulpan di Jakarta, Selasa, 25 Januari 2022.

Endra menambahkan bahwa tim patroli yang menaiki satu mobil Patroli Komando (Patko) tersebut sudah mencoba menghalau saat kejadian pada Minggu, 23 Januari, pukul 02.00 WIB.

Namun, karena jumlah anggota Patko Polres Metro Jakarta Timur tidak sebanding dengan banyaknya , akhirnya ia tak dapat mencegah mereka merusak mobil Toyota Rush berpelat B 1859 SYL tersebut.

“Karena situasi yang tidak terkendali dan juga yang banyak. Dengan situasi emosional yang tidak terkendali karena mereka terprovokasi ini, terjadilah tindak pidana kekerasan,” ujar Zulpan.

Meski mengakui , Zulpan mengatakan anggota Patko Polres Metro Jakarta Timur sudah bertindak seusai prosedur operasional standar (standar operasional prosedur/SOP) saat mencoba menghalau .

Dia menyebut sebelum WH dikeroyok, anggota Patko Polres Metro Jakarta Timur sempat mengeluarkan tembakan peringatan gas air mata.

“Tentunya ini jadi pembelajaran buat kita juga. Bahwa dampak daripada main hakim sendiri ini mengakibatkan meninggalnya seseorang, itu yang pertama,” kata Zulpan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here