Saturday, 11 May 2024
HomeNasionalSejak Omicron Masuk Indonesia, Rawat Inap COVID-19 Naik

Sejak Omicron Masuk Indonesia, Rawat Inap COVID-19 Naik

Bogordaily.net–Kasus COVID-19 di Indonesia terus melonjak, dan menembus angka 1.745 kasus. DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang kasus terbanyak yakni 1.012 kasus. Sejak Indonesia mencatat varian Omicron, tren rawat inap dan kasus aktif juga meningkat.

“Tren kasus aktif meningkat di atas rata-rata dua bulan terakhir. Pertama kali saat Omicron terdeteksi berjumlah 4.905 orang, sementara 16 Januari sudah mencapai 8.605 kasus,” demikian laporan RI, yang dilansir Detik.com, Kamis 20 Januari 2022.

Oleh karena itu, rasio perawatan atau kasus aktif 1,6 kali lebih tinggi dibanding awal Desember. Keterisian rawat inap atau isolasi di RS semula 49 persen menjadi 53 persen.

Meski kasus Omicron datang dari pelaku perjalanan luar negeri, peningkatan infeksi transmisi lokal juga tak bisa dihindari. Total ada 174 transmisi lokal Omicron, tersebar paling banyak di DKI Jakarta, lalu Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Namun, hanya 12 persen dari total kasus Omicron yang dilaporkan mengalami gejala sedang, lalu sisanya masih didominasi tanpa gejala dan gejala ringan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here