Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalSiap-siap, PNS dan TNI Menjadi Yang Pertama Dipindahkan Ke Ibu Kota Negara...

Siap-siap, PNS dan TNI Menjadi Yang Pertama Dipindahkan Ke Ibu Kota Negara Baru

Bogordaily.net– Pemerintah secara konsisten akan tetap menjalankan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Hal ini nampak dalam dokumen Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022. Serta tak luput dan akan dipindahkan ke Ibu Kota Negara.

Ada tiga kementerian yang diperkirakan akan pindah lebih dulu ke ibu kota baru negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketiga kementerian tersebut yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan. Ketiganya akan pindah lebih dulu bersamaan dengan kantor Presiden dan Wakil Presiden.

Saat ini, pemerintah dan DPR tengah menggodok Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) yang akan disahkan awal tahun depan.

Selain para Menteri, Pegawai Negeri Sipil pun akan dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara. Lalu Kapan pindah ke ibu kota baru?

Pegawai Negeri Sipil (), dan Polri akan pindah lebih dulu ke .

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pemindahan sebagian Pegawai Negeri Sipil () atau Aparatur Sipil Negara (ASN) ke ibu kota baru mulai tahun depan. Untuk ini maka dibutuhkan anggaran sebanyak Rp 5,5 miliar.

Muncul pertanyaan kapan PNS pindah ke ibu kota baru. Berdasarkan draf RUU IKN yang beredar, rencananya pemindahan Ibu Kota Negara akan dilakukan mulai semester I 2024 mendatang.

“Pemindahan status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke IKN […] dilakukan pada semester I (satu) tahun 2024 dan ditetapkan dengan Peraturan Presiden”, demikian bunyi Pasal 3 Ayat 2 RUU IKN.

Pembangunan IKN baru ini masuk dalam program prioritas nasional pemerintah di tahun 2022. Untuk pembangunannya masuk dalam strategi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah Kalimantan

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, anggaran tersebut dibutuhkan untuk memindahkan sebanyak 2.350 orang PNS pada tahun 2022.

“Program prioritas BKN yang kedua adalah pemetaan, penilaian potensi dan kompetensi ASN khusus untuk ASN yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Baru dengan target 2.350 orang dengan kebutuhan anggaran Rp 5,5 miliar,” ujarnya dalam rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI.

Selanjutnya pada 2023, rencananya dilakukan pemindahan anggota – Polri. Namun hingga kini belum ada kepastian berapa personil yang akan dipindahkan lebih dulu.

Deputi Bidang Pengembangan Nasional atau Bappenas Regional Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata menyebut alasan -Polri pindah lebih dulu karena kedua lembaga itu untuk memastikan keamanan di wilayah Kalimantan Timur.

“Itu kajian persiapan, kan pemindahannya baru 2023, yang duluan pindah adalah , Polri untuk memastikan keamanan. Kan kita 2024 Agustus (upacara kenegaraan), kita udah mepet. Jadi kita harus prioritaskan lagi, yang penting pemerintahan itu bisa berjalan. Itu persiapannya,” kata Rudi dalam bincang dengan media belum lama ini.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here