Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorSitu Citongtut Tercemar Limbah, Diduga Akibat Kegiatan Dari 4 Perusahaan Ini

Situ Citongtut Tercemar Limbah, Diduga Akibat Kegiatan Dari 4 Perusahaan Ini

Bogordaily.net-Dinas Lingkungan Hidup () Kabupaten Bogor telah mengantongi nama-nama perusahaan yang diduga membuang limbah ke , Gunung Putri, Bogor yang menyebabkan ikan di situ tersebut mati.

Kasi Penegakan Hukum Kabupaten Bogor Dyan Heru Cahyono, telah meninjau lokasi situ yang limbah perusahaan, yang berdampak pada kelestarian lingkungan tersebut.

“Kalau yang mengaliri ke sekitar sepuluh perusahaan ya. Tapi yang diduga sementara, membuang limbah ke itu sekitar empat perusahaan,” ungkapnya Rabu 26 Januari 2022.

Lanjutnya ia mengatakan, telah mengambil sampel air dari untuk melakukan uji di laboratorium. Dan saat ini ia sedang menunggu hasilnya.

“Jadi tanggal 17 Januari kita ke mengambil sampel air. Terus ke lapangan, peninjauan ke Situ Citongtut mendalami informasi adanya pencemaran,” tambahnya.

Bahkan menurutnya, kasus serupa juga pernah terjadi pada awal tahun 2021. Namun ia merasa heran karena dugaan terjadi pada awal tahun.

“Di waktu yang sama awal tahun anehnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Bogor Ade Yasin, telah meminta kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup () Kabupaten Bogor yang baru, Ade Mulyana agar menindak tegas pelaku pencemar lingkungan.

“Tentunya pencemar lingkungan yang marak juga harus ditindak tegas, bersikap tegas terhadap pencemaran lingkungan. Karena banyak kejadian baru-baru ini seperti ikan mati di salah satu Situ di Gunung Putri, kalau tidak salah namanya Situ Citongtut,” ungkapnya, Selasa 25 Januari 2022.

 

Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here