Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSosok Wasit Timnas vs Timor Leste, Pernah Jadi Paspampres SBY dan Jokowi

Sosok Wasit Timnas vs Timor Leste, Pernah Jadi Paspampres SBY dan Jokowi

Bogordaily.net dalam FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Denpasar, Kamis, 27 Januari 2022 malam, pimpin . Dalam beberapa musim belakangan, menjadi salah satu pengadil yang dinilai memiliki kualitas kepemimpinan mumpuni. Hal itu juga dibuktikan dengan statusnya sebagai berlisensi FIFA. Bagaimana kiprah ?

Dilansir Kumparan.com dari berbagai sumber, Sance diketahui merupakan anggota TNI. Ia bahkan pernah bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Presiden () Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Pria kelahiran Taulud, Sulawesi Utara ini diketahui masuk dalam daftar FIFA 2022 Refereeing International List. Ia menjadi satu dari lima Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Pada November 2012, Sance yang saat itu masih bertugas di Divisi 1 Kostrad Batalyon Linud 432 mengikuti seleksi . Setelah melalui proses panjang, ia diumumkan masuk dalam pasukan sebulan setelahnya ke dalam dalam Grup A. Hal itu menandakan ia akan secara langsung mengawal Presiden Republik Indonesia.

Tugas pertama Sance menjadi Paspampres adalah saat mengawal Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013 sebelum berganti mengawal Jokowi pada 2016.

Setelah tiga tahun bertugas di Istana Merdeka, Sance dipindahtugaskan pada Februari 2016 di Kodam XIII Merdeka, tepatnya di Korem 131/Santiago Manado.

Sanca kini aktif sebagai sepak bola. Dia sudah beberapa kali memimpin pertandingan di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1.

Menurut catatan Soccerway, Sance sudah memimpin delapan pertandingan di Liga 1 dari rentang 2020 hingga kini. Sebelum memimpin Indonesia vs Timor Leste, ia terakhir bertugas di duel PSIS Semarang vs Arema pada 17 Januari lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here