Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaTak Sekedar Camilan, Ini Sederet Manfaat Popcorn bagi Kesehatan

Tak Sekedar Camilan, Ini Sederet Manfaat Popcorn bagi Kesehatan

Bogordaily.net menjadi pilihan banyak orang ketika menonton film. Tidak hanya untuk menonton film, juga jadi cemilan menemani kegiatan anda lainnya. Namun, selain enak dijadikan cemilan, ternyata memiliki banyak manfaat.

Tapi mungkin yang banyak orang tidak ketahui, selain enak menjadi camilan juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Perlu diketahui, kandungan pada adalah gandum utuh yang tinggi serat dan antioksidan. Untuk mendapat manfaat dari mengonsumsi , camilan ini tidak usah diberi tambahan butter ataupun perasa tinggi kalori lainnya, ya!

Berikut ini manfaat kesehatan , melansir dari Suara.com.

1. Kaya Vitamin dan Mineral
Dalam satu cangkir mengandung nutrisi sebagai berikut:
26,3 miligram (mg) potasium, membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan mendukung fungsi saraf. 0,26 mg zat besi, penting untuk menciptakan sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 0,25 mg seng, dapat meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh. 11,5 mg magnesium, mendukung kesehatan tulang, otak, dan otot. 1 gram protein, bantu tubuh membangun otot. 1 gram serat, yang mendukung kesehatan pencernaan.

2. Menurunkan Risiko Sakit Jantung
dianggap sebagai biji-bijian utuh, yang artinya mengandung endosperma hingga bakteri baik. Hal ini sangat berbeda dengan biji olahan seperti nasi putih dan roti yang hanya mengandung endosperma, yang artinya nilai gizinya cenderung lebih rendah.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan biji-bijian dikaitkan dengan menurunkan risiko sakit jantung. Sebagaimana penelitian di 2010, di mana orang dewasa paruh baya yang mengonsumsi tiga porsi gandum setiap hari secara signifikan menurunkan risiko kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi Sembelit
Lantaran biji-bijian seperti tinggi serat, maka bisa mendorong buang air besar secara teratur, dan menurunkan risiko sembelit.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang menunjukan 77 persen orang dewasa di tujuh penelitian berbeda berhasil mengobati sembelit kronis dengan konsumsi banyak serat.

4. Turunkan Risiko Kanker Payudara dan Prostat

Popcorn juga kaya antioksidan yang dikenal sebagai asam fenolik, polifenol. Sedangkan di beberapa penelitian menunjukan polifenol bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti payudara dan prostat.

Polifenol ditemukan secara alami terkandung dalam makanan nabati dan dapat membantu menetralisir radikal bebas,” terang Natalie Allen, RD, Asisten Profesor Klinis Ilmu Bedah Biomedis, Missouri State University.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here