Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorTanah Direbut PT, Petani Cisolok Gelar Aksi Jalan Kaki ke Istana Negara

Tanah Direbut PT, Petani Cisolok Gelar Aksi Jalan Kaki ke Istana Negara

Bogordaily.net – Puluhan petani dari Desa Gunung Kramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, melakukan dari Pelabuhan Ratu ke Istana Negara di Jakarta untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo.

Ketua Koordinator sekaligus Ketua Umum Paguyuban Sosial Petani (Pasopati) Alansyah mengatakan, ini dilakukan bertujuan untuk mencari keadilan terkait dugaan penyerobotan tanah oleh pihak swasta seluas 292 hektare yang sudah dikuasai warga selama puluhan tahun.

“Untuk itu kami menyampaikan kepada pak Presiden bahwa ada sesuatu yang perlu di selesai di Kabupaten Sukabumi, karena semua pihak, semua proses sudah kami tempuh,” tambahnya.

Dirinya juga merasakan bentuk kekecewaan kepada pihak DPRD Kabupaten Sukabumi yang tidak akomodir. Kebetulan pada tanggal 4 Desember 2021, pihaknya sudah melayangkan surat untuk meminta audiensi dan tidak ada jawaban.

“Ketika kami sampaikan akan ke pusat, pak Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi menyatakan silahkan,” ujarnya.

Selama perjalanan menuju ke Jakarta, kata Alansyah, pihaknya banyak mendapatkan intimidasi dari pihak-pihak tertentu untuk tidak melanjutkan perjalanan.

“Diperjalanan kami dapat tekanan-tekanan dari pihak kepolisian dari pihak Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk tidak melanjutkan perjalanan ini,” jelasnya.

Petani Cisolok

“Mereka merayu kami beralibi akan diselesaikan di daerah. Tetapi, kami tidak percaya itu, pasalnya sudah 11 tahun pihak Pemerintah Kabupaten Sukabumi tidak ada tindakan. Giliran kami bergerak menuju Istana Negara, baru ada respon dari pemerintah,” Sambungnya.

Ketua Umum Paguyuban Sosial Petani (Pasopati) juga menjelaskan, bahwa kasus itu mencuat pada 2021 lalu, dimana warga telah mendapat lahan seluas 292 hektar. Dari jumlah tersebut, lahan seluas 65 hektare sudah mendapat legalitas berupa sertifikat prona atau PTSL.

Namun, akhirnya pihak perusahaan melakukan upaya penyerobotan lahan milik warga yang saat ini dialami seluruh warga disana.

Seluruh warga berharap, dengan adanya aksi jalan kali ini, Presiden Jokowi bisa merespons aksi para petani dari Kabupaten Sukabumi ini. Pihaknya mengaku hanya ingin mencari keadilan. dari Cisolok hingga Jakarta diperkirakan menempuh waktu selama tiga hari.(Ibnu Galansa Montazerry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here