Monday, 29 April 2024
HomeBeritaTernyata, Baca Buku Selama 6 Menit Sebelum Tidur Bisa Bikin Tidur Lebih...

Ternyata, Baca Buku Selama 6 Menit Sebelum Tidur Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Bogordaily.net- Buat kamu yang insomnia dan kesulitan untuk tidur, pasti sering mencari berbagai cara untuk tidur cepat dan lebih .

Mulai dari nonton film, hingga mungkin scrolling media sosial dengan harapan tertidur dengan sendirinya.

Namun, pernahkah kamu mempertimbangkan untuk membaca buku sebelum tidur agar tidur lebih ?

Yup, ternyata membaca buku selama 6 menit sebelum tidur membantu kamu tidur lebih , lho. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Hanya dengan 6 menit membaca buku, ternyata mampu meredakan ketegangan stres dalam tubuh manusia. Ini membuat membaca buku menjadi metode yang lebih cepat dan efektif untuk menenangkan saraf.

Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan University of Sussex pada tahun 2009 silam. Penelitian tersebut menemukan bahwa membaca buku mampu mengurangi tingkat stres sebesar 68 persen, lebih efektif dibanding berjalan-jalan atau minum teh.

Melansir dari The Guardian, peneliti dan neuropsikolog kognitif Dr David Lewis menjelaskan membaca buku, menawarkan kesempatan bagi pembaca untuk ‘larut' dengan imajinasi penulis dan memasuki keadaan kesadaran yang berubah yang membuat otak menjadi rileks.

Selain itu, psikolog juga percaya bahwa membaca buku, khususnya genre fiksi, dapat mengurangi tekanan pada otot seraya membantu memperlambat detak jantung, sebagaimana dikutip dari Cosmopolitan. Karena otak dan tubuh rileks, kamu pun tidak kesulitan lagi untuk tidur, bahkan tidur dengan lebih .

Membaca buku fiksi juga tidak hanya membantu kamu tidur lebih , namun juga membantu kamu untuk berempati dengan orang lain lebih baik.

Dengan demikian, kualitas kehidupan sosial pun bisa menjadi lebih meningkat. Dengan membaca buku, kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis hubungan dan komunikasi dengan orang lain.

Alih-alih bermain ponsel, mulai sekarang kamu bisa mencoba untuk membaca buku sebelum tidur. Tidak perlu lama, luangkan waktu sekitar 6 hingga 10 menit setiap malamnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here