Ternyata Masih Ada Harga Tanah Rp 1 Jutaan Per Meter di Jakarta

Menu

Mode Gelap
DLH Kabupaten Bogor Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut Lakukan Penataan Kemacetan, Ade Yasin Perintahkan Jajarannya Terjun Langsung Kembalikan Jenazah Pahlawan Kemerdekaan Korea, Moon Jae-in Apresiasi Kazakhstan Satu Siswa Positif Covid-19, SMPN 1 Cibinong Hentikan PTM Imbas Ricuh Mapolda, Ketum LSM GMBI Dibekuk Polda!

Ekonomi · 13 Jan 2022 20:09 WIB

Ternyata Masih Ada Harga Tanah Rp 1 Jutaan Per Meter di Jakarta, Masa Sih?


 Harga Tanah di Jakarta Masuk Kategori Mahal. Namun, Masih Ada Tanah Yang Masih Murah Per Meter nya. (setara/Bogordaily.net) Perbesar

Harga Tanah di Jakarta Masuk Kategori Mahal. Namun, Masih Ada Tanah Yang Masih Murah Per Meter nya. (setara/Bogordaily.net)

Bogordaily.net— Tanah di DKI Jakarta harganya sudah ‘selangit’. Tapi, ternyata masih ada tanah di ibu kota negara yang nilainya masih Rp 3 juta ke bawah, bahkan ada yang Rp 1 jutaan per meter persegi.

Penetapan harga tanah tersebut ada di dalam Peraturan Gubernur No 34 Tahun 2020 tentang Penetapan Nilai Jual Beli Objek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Tahun 2020.

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ini adalah harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar.

Di Jakarta Selatan, tanah paling murah Rp 2.925.000 per meter persegi, yang ada di Jalan Manggarai Utara, Jalan Manggarai Utara II, Jalan Manggarai Utara II/KO AL. Namun, di jalan yang sama belum tentu NJOP-nya sama semua.

Sedangkan di Jakarta Timur juga masih banyak tanah seharga Rp 2.925.000, misalnya di Jalan Lapan V, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo.

Selain itu di Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung juga masih banyak tanah di harga tersebut.

Sementara Di Jakarta Pusat umumnya harga tanah sudah di atas belasan hingga puluhan juta rupiah. Tapi di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang ada tanah Rp Rp 2.925.000.

Sedangkan di Jakarta Barat tanah yang paling murah Rp 3.100.000, tersebar di Kelurahan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, tepatnya di Jalan CC, Jalan Pahlawan, Jalan Sukabumi Selatan, Kampung Baru, Gang Arjuna.

Harga tanah di bawah Rp 2 juta masih banyak ditemui di Jakarta Utara, yakni Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan. Di sini tersebar tanah seharga Rp 1.416.000.

Sedangkan di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing banyak tanah seharga Rp 2.640.000 per meter persegi.

NJOP di atas hanyalah patokan harga tanah. Pada akhirnya harga ditetapkan oleh pemiliknya jika berniat untuk menjual tanah miliknya.*** 

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kemendag Tak Main-main, Tertibkan Robot Trading PT DNA Pro Akademi yang Tak Berizin

29 Januari 2022 - 00:03 WIB

Robot Trading

Keren! Kopi Sarongge Terjual ke Jerman

28 Januari 2022 - 21:14 WIB

Dunia Melihat UMKM Indonesia Untuk Perkuat Ekonomi Hijau

28 Januari 2022 - 15:54 WIB

UMKM Indonesia

OJK Perkuat Sektor Jasa Keuangan Demi Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi

28 Januari 2022 - 14:49 WIB

sektor

Presiden Jokowi Dorong Investasi pada Ekonomi Digital Indonesia

28 Januari 2022 - 11:25 WIB

ekonomi digital

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Menko Airlangga Sinkronisasi Kepentingan Regional dan Global

28 Januari 2022 - 11:04 WIB

Regional dan Global
Trending di Ekonomi