Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaTindik Telinga Bayi, Ini Risiko yang Mengancam

Tindik Telinga Bayi, Ini Risiko yang Mengancam

Bogordaily.net–Sebagian besar ibu akan segera menindik telinga anaknya perempuannya sejak masih bayi. Hal ini dilakukan agar sang buah hati terlihat perempuan dengan memakai anting-anting sejak dini. Menindik telinga anak sejak bayi rupanya bukan pilihan terbaik. Orang tua lebih baik menindik telinga anaknya setelah usia tertentu. Dikutip Suara.com yang melansir Bright Side, berikut ini beberapa dampak menindik telinga anak perempuan sejak bayi.

  1. Meningkatkan peluang infeksi

Menindik telinga anak menggunakan jarum justru akan membuka peluang infeksi masuk ke dalam tubuh bayi. Terlepas dari tindakan pencegahan yang dilakukan atau dengan siapa Anda melakukannya, perlu dipahami bahwa bayi memiliki sistem kekebalan yang masih lemah dan berkembang. Jika sudah menindik telinga bayi, perhatikan tanda-tanda bengkak, gatal dan kemerahan yang dialami bayi Anda. Karena, itu bisa menjadi tanda bahwa telinga mereka telah terinfeksi.

  1. Kulit bayi lebih sensitif

Menindik telinga juga meninggalkan rasa tidak nyaman selama beberapa hari. Kebanyakan profesional medis menggunakan krim mati rasa 15 menit sebelum tindik telinga, guna membantu mengurangi rasa sakit. Krim mati rasa ini biasanya mengandung lidokain, yang merupakan obat bius untuk membantu menyebabkan hilangnya rasa pada kulit.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membungkus es batu dengan serbet dan memijatnya di sekitar daun telinga. Hal ini bisa mencegah sensitivitas ujung saraf dan mengurangi rasa sakit.

  1. Memicu reaksi alergi

Alergi nikel cukup umum pada anak-anak dengan kulit yang sensitif, terutama bagian telinga. Anda perlu tahu bahwa kebanyakan perhiasan mengandung jejak nikel. Perhiasan berlapis perak sering kali aman dan dirawat dengan hati-hati untuk membantu menjaga kesehatan telinga anak Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum menindik telinga anak, guna memastikan kondisinya stabil.

  1. Anak-anak lebih tidak leluasa bermain

Menindik telinga anak sejak usia dini juga menggaggu aktivitas fisik mereka. Anting-anting yang lebih besar juga berisiko tersangkut di pakaian atau ditarik oleh anak-anak lain. Karena itu, lebih baik menunggu anak Anda tumbuh hingga usia tertentu. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here