Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah Omicron, Yuk Coba Minuman Ini

Menu

Mode Gelap
Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka Diduga Nikah Sirih, Viral Tersebar Buku Nikah Al Ghazali dan Pacar

Kesehatan · 25 Jan 2022 07:08 WIB

Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Cegah Omicron, Yuk Coba Minuman Ini


 Ilustrasi teh kunyit.(Detik.com/iStock) Perbesar

Ilustrasi teh kunyit.(Detik.com/iStock)

Bogordaily.net–Meningkatnya COVID-19 varian Omicron membuat kita tetap dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa minuman sehat dan alami ini. Ada yang diracik dengan rempah dan ada pula dengan buah-buahan. Berdasarkan laporan Hindustan Times yang dilansir Detik.com, bahan-bahan yang digunakan mengandung nutrisi penuh lengkap dengan antioksidan yang berperan melawan radikal bebas dalam tubuh. Berikut ini  minuman sehat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

  1. Susu Kunyit

Golden milk atau racikan susu dan kunyit menjadi minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berkat zat kurkumin yang terkandung pada kunyit. Zat kurkumin itu dikemas dengan antioksidan yang berperan melawan virus dan bakteri. Golden milk juga mudah dibuat. Pertama panaskan susu, kemudian campur dengan 1 sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt jahe bubuk, 1/4 sdt kayu manis bubuk, 1/8 sdt lada hitam bubuk dan 1 sdm madu. Aduk hingga rata dan bisa langsung diminum.

  1. Teh Kunyit

Teh kunyit memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dan bermanfaat sebagai penambah stamina, menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Cara membuatnya, pertama panaskan air dan siapkan 2,5 cm kunyit dan 1/2 sdm merica bubuk. Campurkan semua bahan terus ke dalam air yang dipanaskan hingga mendidih. Setelah itu, sajikan dan beri tambahan madu. Racikan ini sering dimanfaatkan sebagai obat.

  1. Wedang Jahe

Wedang jahe juga menjadi minuman penambah stamina, yang dapat menjaga dari serangan bakteri karena mengandung senyawa keton yang disebut zingeron. Senyawa tersebut berperan seperti anti-inflamasi yang baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Jahe juga dapat menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan dan batuk kering. Cara membuatnya, masak air hingga mendidih dan tuang ke dalam gelas. Lalu geprek jahe seukuran jari telunjuk dan masukkan ke dalam air mendidih.

  1. Jus Semangka

Semangka mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi dan berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan stamina dan sistem imunitas tubuh. Semangka juga mengandung amino L-citrulline yang dapat mempercepat proses penyembuhan dengan mengembalikan stamina tubuh yang hilang. Bisa juga mencampurkan jus semangka dengan mint. Selain memberi efek rasa segar, mint juga kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D, E, A, C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

  1. Teh Hijau

Teh hijau termasuk minuman sehat kaya nutrisi. Teh hijau mengandung polifenol yang berperan untuk melawan stres dan kelelahan. Manfaat teh hijau telah dibuktikan oleh penelitian. Seperti yang diterbitkan dalam American Physiology Society pada 2005 dan menemukan bahwa teh hijau bisa memberi efek positif pada tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Teh hijau memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur. Ahli gizi menyarankan untuk rutin minum teh hijau 2-3 kali dalam sehari.***

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Selain Bagus untuk Diet, Ini 4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

17 Mei 2022 - 22:01 WIB

manfaat apel

4 Manfaat Buah Belimbing, Bisa Cegah Jatung dan Stroke

17 Mei 2022 - 21:33 WIB

buah belimbing

Cara Atasi Vagina Terasa Seperti Terbakar Usai Berhubungan Seks

17 Mei 2022 - 13:52 WIB

Obat Mujarab Hilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami

17 Mei 2022 - 09:06 WIB

Keguguran Jadi Risiko Hamil di Usia 40 Tahun

16 Mei 2022 - 23:23 WIB

Mengenal dan Mengetahui Manfaat Sorghum yang Cocok Sebagai Pengganti Nasi

16 Mei 2022 - 22:59 WIB

sorgum
Trending di Kesehatan