Friday, 17 May 2024
HomeBeritaTKI di Arab Saudi Ditangkap Gara-Gara Kebanyakan Transfer Uang

TKI di Arab Saudi Ditangkap Gara-Gara Kebanyakan Transfer Uang

Bogordaily.net–Tenaga Kerja Indonesia () yang bekerja di mengaku pernah ditangkap lalu dipenjara oleh polisi setempat. Penyebabnya gara-gara terlalu banyak . Loh, kok!

Dikutip Merdeka.com yang melansir akun YouTube KANG IRLAN, Selasa 25 Januari 2022, ini menceritakan pengalaman kurang mengenakan yang dialaminya beberapa waktu lalu. Awalnya ia ditelepon polisi dan kemudian ditahan selama dua bulan dalam penjara.

“Paginya saya sama Mas Awie lagi masak di pinggir sungai. Selesai masak ditelepon sama Shurta (polisi),” cerita ini.

“Kebetulan dia (Mas Awie) langsung yang antar ke situ (kantor polisi). Langsung dipenjara selama dua bulan di situ,” lanjutnya.

“Kasusnya sih kata kalau orang Saudi nya bilang ‘cuci baju' masalah duit,” ungkapnya.

Ya, bekerja di luar negeri tentu tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih ada perbedaan sejumlah aturan dan kebijakan pada negara yang ditinggali.

“Kalau di sini hati-hati saja di , kebanyakan yang ditangkap itu masalah pengiriman. Terlalu banyak banget orang tidur di dalam (penjara) loh, masalah pengiriman duit,” kata ini lagi.

Ternyata ada kebijakan baru yang diterapkan oleh pemerintah yakni pembatasan jumlah uang yang keluar. Bila mentransfer di atas SAR80 ribu, orang tersebut akan dicari dan tangkap.

“Maksudnya terlalu banyak kirim duit, kemudian nanti dicurigai gitu?,” tanya Kang Irlan lagi.

“Iya, tapi kan sekarang kan duit keluar itu dibatasi sekarang,” jawab TKI ini.

Lelaki bernama Kang Irlan lantas bertanya bagaimana kondisi di penjara ? Pria itu pun mengaku kondisinya cukup baik seperti hotel bintang 5.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here