Monday, 27 May 2024
HomeEkonomiTransformasi Skema Tabung LPG 3Kg Akan Dirubah

Transformasi Skema Tabung LPG 3Kg Akan Dirubah

Bogordaily.net– Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan pihaknya telah sepakat mengubah skema distribusi (Liquified Petroleum Gas) 3 kg bersubsidi, menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) di Kementerian Sosial.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan agar pemerintah membangun infrastruktur digital bagi penerima tabung gas LPG 3 kg atau gas melon.

“Misalnya dengan finger print atau biometric,” katanya.

Cara tersebut untuk menekan tidak tepatnya sasaran penyaluran LPG 3 kg bersubsidi, terutama semasa pandemi, untuk keluarga miskin sangat diperlukan.

“Kalau tidak tepat sasaran, maka urgensi sebagai automatic stabilizer tentu tidak berjalan maksimal. Kita berharap selambatnya pertengahan tahun depan realisasi reformasi telah berjalan, agar dampaknya ke rumah tangga miskin makin bermanfaat, sebab akibat pandemi ini meningkatkan jumlah rumah tangga miskin,” ucapnya, dilansir dari laman radardepok.

Selain itu, langkah transformasi skema distribusi LPG 3 kg juga harus segera dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi kenaikan komoditas di tahun depan. Terutama harga minyak dan gas yang diprediksi akan terus naik.

“Saya mengkhawatirkan bila itu terjadi plafon energi kita sebesar Rp 134 triliun tahun depan tidak mencukupi. Bila skema LPG telah jalan maka penjualan kg dapat mengikuti harga keekonomian, ini akan meringankan beban LPG,” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here