Monday, 13 May 2024
HomeBeritaUni Eropa Buat Aturan Baru Perjalanan Selama Covid-19

Uni Eropa Buat Aturan Baru Perjalanan Selama Covid-19

Bogordaily.net–Negara-negara anggota (UE) berencana membuat aturan baru perjalanan covid-19 bagi para pelancong antar negara anggota. Rencananya aturan tersebut akan beralih dari profil risiko negara ke individu.

“Di bawah rekomendasi baru, langkah-langkah covid-19 harus diterapkan dengan mempertimbangkan status orang tersebut alih-alih situasi di tingkat regional, dengan pengecualian area di mana virus beredar pada tingkat yang sangat tinggi,” ungkap Dewan Eropa seperti dikutip CNN Indonesia.com dari AFP, Minggu, 30 Januari 2022.

Oleh karena itu, para pelancong yang akan bepergian dari satu negara UE ke negara UE lain hanya perlu menunjukkan sertifikat Covid UE yang memperlihatkan mereka telah divaksinasi, memiliki hasil tes negatif, atau sertifikat bahwa mereka telah pulih dari Covid dalam enam bulan sebelumnya.

Sementara itu untuk ketentuan vaksinasi sendiri, dalam rekomendasi tersebut, pelancong harus sudah divaksinasi booster atau suntikan kedua dalam sembilan bulan sebelumnya. Meski demikian, ada ketentuan tersendiri bagi negara atau wilayah UE tempat varian baru.

Menteri Negara Prancis untuk Urusan Eropa, Clement Beaune, mengatakan rekomendasi baru itu bertujuan untuk memastikan orang yang divaksinasi hanya menghadapi pembatasan yang wajar untuk pergerakan mereka di UE.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here