Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalUNPAD : Bentangkan Poster Kekerasan Seksual Depan Menteri Nadiem

UNPAD : Bentangkan Poster Kekerasan Seksual Depan Menteri Nadiem

Bogordaily.net– Sejumlah perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Kema tiba-tiba mendatangi Mendikbudristek Nadiem Makarim ketika hendak meninggalkan kampus di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, usai memberikan paparan soal Kampus Merdeka.

Para mahasiswa itu terlihat datang membentangkan sejumlah poster berisi tuntutan di dekat terparkirnya mobil dinas yang digunakan Nadiem.

Lalu, Ketua BEM Kema Virdian tiba-tiba mendekat dan menyerahkan dokumen berisi hasil kajian pada Nadiem.

“Nah ini ada kajian kami tentang pendidikan tinggi di Indonesia kurang lebih dua tahun terakhir,” kata dia pada Nadiem pada Senin, 17 Januari 2022, dilansir dari kumparan.

Virdian mengatakan, di kampus Unpad pun acap kali terjadi yang dialami oleh mahasiswa. Fenomena di kampus Unpad, kata dia, diibaratkan fenomena gunung es yang bila digali lebih dalam maka semakin banyak ditemukan.

“Ini () kan isu sebenarnya isu yang tabu tapi kemudian isu ini harus diangkat karena kami berdiri untuk korban, kami percaya bahwa satu suara kebenaran akan menular, kebaikan akan menular. Sebenarnya, kasus serupa terjadi di Unpad juga,” kata dia.

Sebagai tindak lanjut, menurut Virdian, di kampus Unpad telah mulai dibentuk panitia seleksi untuk Satgas Anti . Dia mengaku bakal turut mengawal implementasi dari kebijakan yang dicanangkan tersebut.

Diharapkan, tim itu nantinya bakal berkontribusi untuk mencegah terjadinya di kampus.

“Jadi Insya Allah, dalam setahun ini kami akan liat implementasinya,” ucap dia.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua BEM Kema Unpad Farin mencatat terdapat 100 lebih kasus kekerasan di Kampus Unpad sepanjang tahun 2021. Hal itu didasarkan data yang diperolehnya dari hasil peliputan pers kampus.

“Di Unpad sendiri angkanya lebih dari seratus dan angka seratus ini tentunya akhirnya menjadi bukan angka yang dikit tapi banyak karena seharusnya tidak boleh ada satu pun kasus di perguruan tinggi,” kata dia.

Menanggapi hak itu, Nadiem oun memberikan jawaban nya sambil berlalu memasuki mobil dinas miliknya.

“Oke, saya terima ya laporannya,” jawab Nadiem.

Kepada wartawan, Virdian menyatakan, hasil kajian yang diserahkan kepada Nadiem berisi aspirasi mahasiswa Unpad dan kampus lainnya di Indonesia. Dalam hasil kajian itu turut dibahas pula mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here