Friday, 26 April 2024
HomeNasionalVaksin Booster Untuk Seluruh Masyarakat Gratis, Tegas Jokowi

Vaksin Booster Untuk Seluruh Masyarakat Gratis, Tegas Jokowi

Bogordaily.net untuk masyarakat akan diberikan secara . Hal itu ditegaskan langsung Presiden , dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 12 Januari 2022.

“Saya memutuskan pemberian atau ketiga ini bagi seluruh rakyat Indonesia, karena keselamatan rakyat adalah yang utama,” ujar .

Rencananya Pemerintah akan memulai program vaksinasi booster atau dosis ketiga untuk masyarakat umum besok 12 Januari 2022.

Sebelumnya, pemerintah sempat menyebut vaksin booster dosis ketiga akan diberikan dengan mekanisme berbasis PBI dan non-PBI.

Vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam kelompok penerima bantuan iuran (PBI) BPJS . Dananya akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sisanya, individu yang ingin mendapatkan vaksin booster harus membayar.

Banyak nya kritik terkait pemberian vaksin booster ini, meminta pemerintah memberikan vaksin booster secara karena vaksin adalah kebutuhan dasar rakyat yang merupakan tanggung jawab negara.

Kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah resmi memberikan persetujuan pada lima vaksin Covid-19 untuk dapat digunakan sebagai vaksin booster.

Kelima vaksin tersebut adalah CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.

Sesuai dengan rekomendasi WHO, pemberian vaksin booster/dosis lanjutan yang akan dirancang oleh pemerintah dengan pemberian yang diutamakan untuk populasi yang berisiko tinggi yaitu lansia, tenaga , dan kelompok individu yang memiliki masalah sistem imun/kekebalan.*** 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here