Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorVakum Sejak Pandemi, Teater Diksatrasia Kembali Gelar Pementasan Angkat Feminisme

Vakum Sejak Pandemi, Teater Diksatrasia Kembali Gelar Pementasan Angkat Feminisme

Bogordaily.net – Setelah vakum kurang lebih selama 2 tahun akibat pandemi, kini kembali menggelar di aula lantai 4 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan Kota Bogor pada Sabtu 22 Januari 2022.

Sutradara Rida Nur Fajriyah mengatakan, tema yang diangkat pada kali ini yaitu feminisme yang dibalut oleh kemiskinan.

“Seiring marak terjadinya ketidakadilan serta budaya patriarki di sekitar masyarakat, maka dengan itu cerita ‘Repetoar Kaum Sabun Colek' diangkat ke permukaan sebagai teater, agar permasalahan hak sepenuhnya antara kaum perempuan dan laki-laki dapat tercapai,” tambahnya.

Lanjutnya, ‘' juga terdiri dari 3 fragment dengan melibatkan 15 aktor.

“Fragment 1 berjudul Knalpop Bajaj, fragment 2 berjudul Got Mampet dan fragment 3 berjudul Ojek Prihatin,” ungkapnya.

Teater Diksatrasia

Sementara Supervisi dan Dramaturgi Angga Yuda. S menambahkan, banyaknya realita kaum marjinal disekitar kita yang mendorong cerita ini untuk diangkat menjadi sebuah tetaer.

“Realitas kaum marjinal ini harus kita selesaikan, jangan hanya menjadi cerita-cerita belaka yang selalu berulang,” ujarnya.

teater tersebut berhasil menghipnotis para penontonnya. Tak jarang gelak tawa dari mereka menambah meriah suasana.

Diakhir pementasan, para penonton seolah dibuat tersadar dengan pernyataan salah seorang pemain yang berperan sebagai pejabat dengan realitas kehidupan suksesnya memimpin rakyat.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, pementasan teater ini hanya dihadiri kurang lebih 150 orang dengan penerapan prokes yang ketat, baik di dalam aula maupun di luarnya.(Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here