Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKorut Gencar Uji Coba Nuklir hingga Rudal Balistik

Korut Gencar Uji Coba Nuklir hingga Rudal Balistik

Bogordaily.netKorea Utara lagi-lagi membuat was-was dunia. Negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini tak berhenti mengetes balistik hingga nuklir, dua jenis benda gawat yang bisa membuat ribut antarnegara.

Soal , sebenarnya sudah cukup lama tak ada kabar dari . Namun, isyarat muncul. Mereka bersiap menghadapi ‘konfrontasi jangka panjang' dengan Amerika Serikat (AS). Kim Jong-Un sudah memimpin rapat politbiro membahas perkembangan politik internasional terkini.

Mengutip Detik.com yang melansir AFP, Kamis 20 Januari 2022, kantor berita resmi , Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa rapat politburo Komisi Pusat Partai Buruh ‘memberikan instruksi kepada sektor terkait untuk segera memeriksa isu-isu untuk memulai kembali' semua aktivitas yang ditangguhkan sementara.

Instruksi itu kemungkinan merujuk pada program nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM) negara komunis di pojok timur Asia itu.

“Kebijakan permusuhan dan ancaman militer oleh AS telah mencapai garis bahaya yang tidak bisa diabaikan lagi,” sebut KCNA dalam laporannya.

Soal rudal balistik, sudah empat kali menembakan proyektil yang diduga sebagai rudal balistik. Ini dilaporkan oleh penjaga pantai Jepang pada 17 Januari lalu.

Militer Korea Selatan juga melaporkan bahwa Korea Utara telah menembakkan “proyektil tak dikenal” ke arah laut di lepas pantai timurnya.

Sementara itu 2018 lalu, Kim Jong-Un menetapkan moratorium untuk dan ICBM . Namun ia juga mengancam akan mencabut moratorium setelah perundingan dengan mantan Presiden AS Donald Trump kolaps tahun 2019.

Awal tahun ini, melancarkan rentetan peluncuran rudal, termasuk rudal hipersonik, yang melanggar sanksi dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). juga menolak tawaran berunding dari pemerintahan baru AS di bawah Presiden Joe Biden.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here