Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaKenali Ragam Penyebab Kulit Kering di Negara Tropis!

Kenali Ragam Penyebab Kulit Kering di Negara Tropis!

Bogordaily.net–Cuaca memegang peranan penting dalam menyebabkan kulit kering. Cuaca panas dan lembap misalnya, bisa membuat kulit kering. Di Indonesia yang beriklim tropis, dapat mengganggu dan kerap dialami masyarakat, termasuk kulit kering.

Penyebab kulit kering biasanya memang bukan masalah serius. Namun pada beberapa orang, memiliki kulit kering bisa membuatnya percaya diri.

Melansir Suara.com yang mengutip Mayo Clinic, kulit kering seringkali bersifat sementara. Namun biasanya kulit kering tergantung pada usia seseorang, riwayat kesehatannya, tempat tinggalnya, dan berapa lama waktu yang dihabiskan di luar ruang.

Ada beberapa gejala terjadinya kulit kering, antara lain kulit terasa kasar, kulit menjadi gatal, kulit mengelupas, kulit retak dan memiliki garis halus, hingga kulit kemerahan.

Untuk penyebab kulit kering, sering dikaitkan karena pengaruh lingkungan luar. Karena itu, menjaga kulit saat pergi ke luar rumah merupakan hal utama.

Sedangkan jika karena cuaca, kulit cenderung kering saat musim dingin, pada saat suhu dan tingkat kelembapan cenderung menurun.

Penyebab kulit kering juga terjadi karena adanya paparan pemanas sentral, tungku pembakaran kayu, dan pemanas ruangan. Tentunya, paparan panas dapat mengurangi kelembapan kulit.

Selain itu mandi air panas atau berendam dalam jangka waktu yang lama membuat kulit Anda kering. Begitu juga dengan sering berenang, terutama di kolam yang mengandung banyak klorin.

Nah, penggunaan sabun dan deterjen yang keras juga bisa jadi penyebab. Banyak sabun, deterjen, dan sampo populer yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Namun, tidak semua kandungannya cocok.

Meski penyebabnya membuat tak nyaman, jangan khawatir sebab bisa dicegah di antaranya gunakan pelembab kulit, batasi paparan air, hindari sabun cuci sementara atau agar aman, Anda bisa mencoba krim pembersih, pembersih kulit lembut, atau shower gel. Lalu tutupi kulit Anda dengan masker, topi dan sarung tangan pada saat musim dingin dan berangin.***

Ilustrasi Kulit (pexels)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here