Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaWow, Berlian Luar Angkasa Dibanderol Rp97,5 Miliar

Wow, Berlian Luar Angkasa Dibanderol Rp97,5 Miliar

Bogordaily.net–Sebuah akan dilelang dan menjadi milik penawar tertinggi di rumah lelang Sotheby bulan depan. Pemecah rekor batu permata 555,55 karat ini dijuluki ‘The Enigma' rupanya berasal dari luar angkasa.

Dikutip Detik.com yang melansir The New York Post, Sabtu 22 Januari 2022, berlian berusia 1 miliar tahun itu diperkirakan akan menghasilkan setidaknya USD 6,8 juta atau sekitar Rp97,5 miliar saat mulai dilelang secara online 3 Februari sampai 9 Februari 2022 mendatang.

Menurut ahli permata Sotheby, batu ini masuk dalam peringkat berlian terbesar dan terberat di dunia dan diperkirakan telah jatuh ke bumi pada jutaan tahun lalu dari luar angkasa.

seperti ini, juga disebut carbonados dan terbentuk dari dampak meteorik ke Bumi, ditempa dari ledakan atau berasal dari asteroid itu sendiri.

Sesuai dengan tema numeriknya, permata 555,55 karat ini didesain dengan potongan 55 segi. Desain ini diklaim Sotheby sebagai suatu prestasi dalam hal teknis untuk salah satu berlian terberat yang pernah ada.

Spesialis perhiasan di Sotheby Dubai, Sophie Stevens mengatakan bentuk berlian didasarkan pada simbol telapak tangan Timur Tengah Khamsa, yang berarti kekuatan dan perlindungan.

“Khamsa dalam bahasa Arab berarti lima. Jadi ada tema menarik dari angka lima yang diterapkan di seluruh permukaan berlian,” kata Sophie Stevens.

Sementara itu House of Gübelin di Swiss dan Gemological Institute of America menyatakan berlian tersebut sebagai yang terbesar dari jenisnya dan pertama kali terdaftar di Guinness World Records pada tahun 2006.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here