Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaWarga Thailand Rayakan Imlek dengan Jeli Santan Gara-Gara Harga Babi Naik

Warga Thailand Rayakan Imlek dengan Jeli Santan Gara-Gara Harga Babi Naik

Bogordaily.net–Harga daging babi di Thaliand masih terus meroket. Pada perayaan tahun ini, daging babi tak lagi dimasukkan dalam paket makanan khusus perayaan . Warga pun menggantinya dengan menu lain.

Salah satu toko makanan di , Namjai misalnya. Toko itu mengganti daging babi dengan berbentuk kepala babi dalam paket makanan. Paket itu dipadukan dengan bebek panggang hingga ayam kukus, sebagai sajian untuk merayakan tahun baru .

Toko tersebut menawarkan satu kotak yang berisi sembilan item seharga US$27 atau sekitar Rp386 ribu. Sajian itu menarik banyak pelanggan dengan harga dan kenyamanan yang ditawarkan tanpa harus menyiapkan makanan besar. Para pelanggan pun tertarik jeli kepala babi itu.

Pemilik Namjai, Thanapach Montraprasit, mengaku menerima banyak pertanyaan di halaman media sosial toko sejak mulai menawarkan jeli tersebut. Di aplikasi messenger, LINE toko saja ada sekitar 400 hingga 500 pertanyaan, katanya.

“Saya kira dengan biaya hidup yang tinggi sekarang, daging babi dan ayam mahal, harganya semua naik. Sehingga masyarakat lebih tertarik (jeli),” ujar Montrapsit seperti dikutip CNN Indonesia.com dari Inquirer Net, Selasa, 1 Februari 2022.

Selain menarik pembeli karena harga ekonomis, Thanapach mengatakan makanan penutup juga merupakan cara yang baik menghindari sisa makanan terbuang selama periode libur .

Seorang pembeli, Thanabodee Phooncharoen, mengatakan makanan itu tampak meriah, meski rasanya memang seperti lain.

Seperti diberitakan, harga makanan di melonjak termasuk daging babi yang mencapai US$6 (Rp86 ribu) per kilogram di pasaran. Kenaikan harga daging babi ini juga dipicu penyebaran flu babi di . Akibat flu babi itu, stok babi di Eropa dan Asia berkurang. Untuk mengantisipasi lonjakan harga, pemerintah menawarkan alternatif lain yakni daging buaya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here