Ajak UMKM Muda Naik Kelas, Talenta Wirausaha BSI Mendarat di Malang

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Ekonomi · 18 Feb 2022 09:46 WIB

Ajak UMKM Muda Naik Kelas, Talenta Wirausaha BSI Mendarat di Malang


 PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadikan Malang sebagai lokasi pertama Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 . (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadikan Malang sebagai lokasi pertama Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 . (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadikan Malang sebagai lokasi pertama Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022.

Hal ini sebagai wujud komitmen kuat BSI untuk mencetak lahirnya wirausaha muda dan mendorong pelaku UMKM naik kelas khususnya di wilayah Jawa Timur, serta mendorong UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional dan membangkitkan ekonomi ummat melalui penguatan sektor bisnis ekonomi rakyat.

Tahapan ini menjadi lanjutan program Talenta Wirausaha BSI yang telah diresmikan Januari lalu dimana program ini memiliki empat tahapan kegiatan utama yaitu onboarding, workshop (pelatihan dan pendampingan), awarding, dan partnership.

Talenta Wirausaha BSI yang diluncurkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) diharapkan dapat menciptakan Muslimpreneur di Indonesia.

Pada kesempatan onboarding ini, RCEO BSI Wilayah Surabaya Mahendra Nusanto memaparkan peran penting UMKM sebagai salah satu segmen pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi salah satu spirit Bank Syariah Indonesia untuk mencetak generasi-generasi wirausaha muda yang tangguh, kompeten dan sustain sehingga sebagai generasi milenial dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas dan memberikan kontribusi untuk kemajuan Indonesia.

Talenta Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, (scale up) sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan.

Melalui program ini,harapannya akan diikuti 5000 peserta yang siap bersaing dari 26 wilayah terpilih di Indonesia.

Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 untuk Wilayah Jawa Timur digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, RCEO BSI Wilayah Surabaya Mahendra Nusanto, Komisaris Independen BSI M Arief Rosyid Hasan, serta Rektor Universitas Muhammadiyah Malang H Fauzan serta organisasi kemudaan.

Komisaris Independen BSI M. Arief Rosyid Hasan mengungkapkan, terdapat kebutuhan yang tinggi bagi pemuda di Tanah Air untuk mengakses program peningkatan kapasitas wirausaha. Tak lain, karena akses lapangan kerja bagi pemuda.

“Hasil survei World Economic Forum menyebutkan, sebanyak 35,5% pemuda di Indonesia ingin jadi pengusaha di masa depan. Di sisi lain, rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah,” ungkap Arief.

“Oleh karena itu, kita perlu mengubah keinginan besar pemuda menjadi aksi nyata dengan hadirnya BSI sebagai salah satu bank syariah dalam mendorong talenta kewirausahaan pemuda di Indonesia melalui program Talenta Wirausaha ini,” lanjutnya.

Sementara itu, pada sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak ikut mengapresiasi inisiatif BSI yang menyasar anak muda.

“Saya melihat ada strategi yang match antara Jatim dan BSI dari sisi inkubator dan business matching,” ungkap Emil.

Lebih lanjut lagi Emil mengutarakan harapannya kepada BSI.

“BSI ini jangan hanya sekadar menjadi raksasa ekonomi syariah di ranah global, tapi juga menjadi wadah perjuangan generasi milenial yang galaunya luar biasa hari ini, ini justru menjadi awal dari kerjasama kita yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, BSI juga akan segera mendirikan UMKM Center di Jawa Timur, berlokasi di Jalan Kartini, Kota Surabaya.

UMKM Center ini, akan menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan hingga membantu proses pemasaran produk.

Sehingga diharapkan pelaku UMKM memanfaatkan program tersebut, dan dapat meningkatkan skala usahanya. Di antaranya melalui optimalisasi potensi bisnis hingga dukungan proses digitalisasi usaha.

Tentang Talenta Wirausaha BSI

Talenta Wirausaha BSI diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia dan program pelatihan dan kompetisi bagi wirausaha muda untuk meningkatkan kapasitas usaha. Program ini juga melibatkan banyak pihak, khususnya dari ekosistem ekonomi syariah.

Talenta Wirausaha BSI terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia usia 18 – 35 tahun dan memiliki aspirasi untuk menjadi wirausahawan, atau sedang menjalankan usaha dan ingin meningkatkan kapasitas usahanya.

Wirausahawan muda terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai total ratusan juta rupiah dan kesempatan untuk berjejaring hingga mendapatkan akses permodalan dari BSI.

Tahapan dan Timeline Talenta Wirausaha BSI :

● 19 Januari – 6 April 2022, Penerimaan pendaftar dan Onboarding di kota – kota di seluruh Indonesia

● April – Mei 2022, Workshop untuk pendaftar yang terpilih. Rangkaian Workshop yakni pelatihan pengembangan produk, pemasaran dan pembiayaan

● Juni 2022, Awarding, acara puncak penjurian dan penganugerahan hadiah untuk wirausaha muda terbaik.

Informasi lebih lanjut mengenai Talenta Wirausaha BSI di website www.talentawirausahabsi.com atau Instagram & Facebook Page Talenta Wirausaha BSI.***

Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

BRI Kolaborasi dengan Majoo Berikan Solusi Digital untuk Merchant di Indonesia

1 Oktober 2022 - 15:14 WIB

KemenKopUKM Perkuat Kualitas Koperasi Sektor Riil di Sumatera Utara

1 Oktober 2022 - 15:05 WIB

Harga Kedelai Naik, Perajin Tempe di Bogor Menjerit

1 Oktober 2022 - 14:25 WIB

Hari Ini Pertamax Turun! Berikut Daftar Harga Terbaru BBM  

1 Oktober 2022 - 09:51 WIB

MenkopUKM: Smesco Hub Timur Perluas Pasar UMKM Indonesia Timur Hingga ke Mancanegara

30 September 2022 - 20:30 WIB

Cari Talenta Unggul di Bidang IT, BRI Kembali Buka BFLP IT

30 September 2022 - 19:02 WIB

Trending di Ekonomi