Saturday, 4 May 2024
HomeTravellingAl Jabbar Satu-satunya Masjid Terapung yang Terinspirasi dari Rumus Matematika

Al Jabbar Satu-satunya Masjid Terapung yang Terinspirasi dari Rumus Matematika

Bogordaily.net di , Bandung, bakal menjadi ikon baru Provinsi Jawa Barat. Masjid yang didesain langsung oleh ini memiliki bentuk yang sangat unik.

Kubahnya berbentuk selubung berurutan ke bawah yang terinspirasi dari . mengaku ini adalah karya arsitektur dia yang paling spesial dari berbagai desain masjid yang pernah ia buat.

Keunikan lainnya, masjid ini berkonsep terapung di atas seluas 7,2 hektare. sendiri berfungsi untuk mengendalikan banjir, sebagai sumber air dan konservasi serta mampu menampung air hingga 270 ribu meter kubik.

Sedangkan luas keseluruhan dengan area halaman masjid sekitar 26 hektare. Rencananya masjid ini akan memliki sejumlah fasilitas seperti Museum Rasulullah SAW dan Museum Al-Qur'an di lantai dasarnya.

Al Jabbar

Pembangunan masjid ini sempat terhenti 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19. Namun sejak akhir 2021 pembangunan kembali dilanjutkan dan targetnya selesai tahun ini.

Selain menjadi tempat ibadah, harapannya masjid ini mampu meningkatkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat Bandung Timur.

Nantinya masjid ini juga akan terintegrasi dengan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here