Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiAnggaran Subsidi BBM hingga Gas Elpiji 3 Kg Bengkak di Awal 2022

Anggaran Subsidi BBM hingga Gas Elpiji 3 Kg Bengkak di Awal 2022

Bogordaily.net–Selama satu bulan, belanja energi menjadi salah satu pengeluaran yang membengkak dari tahun ini. Subsidi energi ini berkaitan dengan bahan bakar minyak (BBM) dan gas Elpiji 3 kilogram (kg).

Menteri Keuangan Indrawati Mulyani mengatakan, realisasi subsidi untuk BBM dan gas Elpiji 3 kg menjadi Rp10,2 triliun. Angka itu naik sekitar 347,2% dari realisasi subsidi energi Januari tahun lalu Rp2,3 triliun. Realisasi subsidi terutama subsidi BBM dan gas Elpiji 3 kg yang dibayarkan ke unit usahanya sebesar Rp10,2 triliun dibandingkan 2021 hanya Rp2,3 triliun.

“Ini bahkan membayar subsidi yang melonjak semenjak 2020,” kata dalam konferensi pers KITA edisi Februari 2022, seperti dikutip dari Detik.com.

Terkait penyebab dari kenaikan realisasi subsidi energi ini menurut karena tingginya harga energi seperti minyak yang terjadi belakangan ini.

“Operasi sangat-sangat nyata dalam melindungi masyarakat dari kenaikan harga energi yang melonjak sangat tinggi, harga minyak yang meningkat tinggi menyebabkan subsidi energi kita menjadi lebih besar,” paparnya.

Bengkaknya subsidi energi ini, menurut peran pun sangat berpengaruh.

Sementara itu, belanja subsidi untuk non energi sampai dengan Januari 2022 subsidi pupuk masih sama dengan tahun lalu hanya 0,7 ton sedangkan subsidi kredit usaha rakyat (KUR) meningkat dari Rp 0,35 triliun menjadi Rp 0,58 triliun tahun ini.

melanjutkan, karena volume KUR meningkat maka belanja untuk subsidi bunga KUR.

“Jadi bisa dilihat dengan mata anggaran ini dinikmati oleh masyarakat yaitu dalam bentuk stabilitas harga BBM, elpiji, subsidi pupuk serta kredit usaha rakyat,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here