Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalASN Jabodetabek WFH, Begini Skenarionya

ASN Jabodetabek WFH, Begini Skenarionya

Bogordaily.net– Pegawai negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara () diberi alternatif terkait work from home () atau bekerja dari rumah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (-RB), mengatakan rekomendasi ini bagi pegawai instansi pemerintahan di kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) maupun pemerintah daerah (pemda) di daerah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Rekomendasi tersebut berkaitan dengan upaya meminimalkan kasus penularan Corona.

“Mengingat lonjakan kasus yang signifikan, KemenPAN-RB menyampaikan rekomendasi kepada K/L, Pemda DKI (Jakarta) dan pemda se-Jabodetabek,” kata Tjahjo seperti dilansir Detik.com dari Antara, Jumat, 4 Februari 2022.

Rekomendasi pertama, Tjahjo mengatakan instansi pemerintahan di daerah aglomerasi dapat bekerja dari rumah hingga Senin, 7 Februari 2022.

“Jika dihitung dengan Sabtu dan Minggu, tanggal 5 dan 6 Februari, maka menjadi empat hari. Itu cukup untuk waktu inkubasi, kecuali rumah sakit atau puskesmas dan layanan umum masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, rekomendasi kedua dari Tjahjo adalah mengizinkan pegawai yang masuk kantor hanya 10 persen dari total pegawai di instansi pemerintahan tersebut.

“Hal ini masih sejalan dengan SE (Surat Edaran) RB yang mengatur di wilayah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 2 paling banyak 50 persen,” ujarnya.

Terhadap seluruh instansi pemerintahan di Jabodetabek, Tjahjo mengimbau seluruh kantor membatasi kunjungan tamu dan rapat secara fisik di kantor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here