Friday, 29 March 2024
HomeNasionalBambang Trihatmodjo Heran Ditagih Hutang Dana Talangan Penyelenggaraan Sea Games XIX

Bambang Trihatmodjo Heran Ditagih Hutang Dana Talangan Penyelenggaraan Sea Games XIX

Bogordaily.net oleh pemerintah dana talangan penyelenggaraan XIX Tahun 1977. Namun, dirinya meresa heran sebab penanggung jawab penyelenggaraan pada saat itu tidak hanya dirinya saja.

Melalui kuasa hukumnya Prisma Wardhana Sasmita, mengatakan, penanggungjawab dari penyelenggaraan 1997 itu adalah Konsorsium Mitra Penyelenggara (KMP), dan pelaksana KMP itu adalah PT Tata Insani Mukti (TIM).

“Sehingga, penagihan ini juga kan jauh dari nilai keadilan,” ujar Prima, dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Kamis, 24 Februari 2022.

Selain itu, lanjut Prisma, utang yang ditagihkan juga membengkak, dari awalnya Rp 35 miliar menjadi Rp 64 miliar. Hal ini, karena adanya akumulasi bunga sebesar 15 persen per tahun.

“Kalau tagihan yang munculnya, kalau dihitung secara detil belum pernah ada sinkronisasi nilainya, tapi tagihan yang ditagihkan sekitar Rp 64 miliar. Jadi pokok Rp 35 miliar dengan bunga 15 persen itu jadi sekian,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, tim kuasa hukum lainnya, yakni Shri Hardjuno Wiwoho menambahkan, dana talangan ini juga sebenarnya bukan berasal dari APBN.

Dana tersebut berasal dari dana pungutan reboisasi Kementerian Kehutanan yang dikirimkan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) atlet Indonesia yang akan bertanding di Sea Games 1997.

“Dana talangan Rp 35 miliar berasal dari dana reboisasi Kementerian Kehutanan dulu, sekarang KLHK. Itu pun jadi dana swasta juga, bukan APBN. Jadi ini harus dipahami,” kata dia.

Dalam hal ini, meminta pemerintah harus melihat secara objektif dalam menyelesaikan persoalan sengketa utang Sea Games 1997 tersebut.

“Kami hanya mau meluruskan pada kedudukan persoalannya. Jangan sampai terjadi kedzaliman di dalam proses penyelesaian kewajiban,” uajr Hardjuno.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here