Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBanjir Bandang dan Tanah Longsor di Brasil Tewaskan 94 Orang

Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Brasil Tewaskan 94 Orang

Bogordaily.net– dan tanah yang terjadi di , terus menelan banyak korban. Hingga Kamis, 17 Februari 2022 pagi, sebanyak 94 dilaporkan meninggal dunia. Tim pencarian dan penyelamatan terus menyisir lumpur untuk mencari korban.

Pertahanan Sipil Nasional mengatakan di Twitter 24 orang telah diselamatkan hidup-hidup sejauh ini dan 94 kematian dikonfirmasi. Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan kerusakan parah dan kendaraan mengambang di jalanan.

“Saya menemukan seorang gadis yang dikubur hidup-hidup,” kata Wendel Pio Lourenco, seorang warga berusia 24 tahun, kepada kantor berita AFP seperti dilansir Okezone.com saat menuju ke sebuah gereja lokal untuk mencari perlindungan.

berawal dari hujan deras selama tiga jam yang mengguyur kota wisata di perbukitan utara Rio de Janeiro ini. Hujan membuat sungai meluap menyapu rumah-rumah warga.

Tercatat curah hujan mencapai 258 milimeter, hampir sama dengan curah hujan pada bulan sebelumnya. Lebih dari 180 petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat dibantu oleh 400 tentara bekerja menyisir area banjir mencari korban yang terseret .

Para petugas terus berusaha menyelamatkan orang-orang yang terkubur dalam lumpur dan puing-puing. Jumlah korban tewas diperkirakan terus bertambah mengingat masih banyak area yang belum terjangkau.

Sekitar 300 orang kini mengungsi di tempat penampungan, sebagian besar di sekolah. Badan amal menyerukan sumbangan berupa kasur, selimut, makanan, air, pakaian, dan masker untuk para korban.

Seorang warga, Wendel Pio Lourenco yang berusia 24 tahun menyebut kondisi di saat ini sangat kacau.

“Saya menemukan seorang gadis yang terkubur hidup-hidup. Semua orang mengatakan itu terlihat seperti zona perang,” kata Lourenco, dikutip CNN Indonesia dari AFP.

Hal senada diungkapkan Gubernur Claudio Castro usai mengunjungi lokasi kejadian.

“Ini hampir seperti situasi perang. Kami telah mengerahkan seluruh tim kami,” katanya.

Sementara itu Petropolis adalah tujuan populer bagi wisatawan di . Kota ini dikenal karena jalan-jalan yang rindang, rumah-rumah megah, istana kekaisaran, dan keindahan alam pegunungan di sekitarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here