Sunday, 22 September 2024
HomeTravellingBaru Rampung 80 Tahun, Ini Fakta Mecca Masjid di India

Baru Rampung 80 Tahun, Ini Fakta Mecca Masjid di India

Bogordaily.net – Mecca masjid atau masjid makkah merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan masjid tertua di India. Tempat suci umat Islam yang berada di Hyderabad, India ini disebut sudah dibangun pada tahun 1617.

Sesuai namanya, Mecca masjid diambil dari nama Masjidil Haram yang terletak di Mekkah. Masjid ini dibangun saat pemerintahan Sultan Muhammad Qutb Shah. Ada sekitar 8 ribu orang yang dikerahkan untuk pembangunan masjid.

Dibangun di masa pemerintahan Sultan Muhammad Qutb Shah, masjid ini baru diselesaikan pada tahun 1693 oleh Kaisar Mughal Aurangzeb. Ya, pembangunannya hampir memakan waktu 80 tahun lamanya.

Mecca Masjid

Memiliki halaman seluas 108 meter persegi, Mecca Masjid bisa menampung sekitar 10 ribu jamaah. Saat pertama kali menginjakkan kaki, pengunjung akan disuguhkan dengan air mancur yang mengalir di dekat pintu masuk.

Pengunjung juga akan disambut dengan tempat peristirahatan terakhir mantan penguasa Asaf Jahi dan anggota keluarganya yang terletak di halaman pertama dekat pintu masuk.

Masjid indah ini memiliki 15 lengkungan dan pilar masing-masing terbuat dari lembaran tunggal granit hitam.

Fakta menarik lainnya tentang Mecca Masjid ini adalah, siapa pun yang duduk di bangku hitam dekat kolam sambil bercerita, konon katanya mereka akan kembali lagi ke tempat tersebut suatu hari nanti.

Pada tahun 2007, sempat terjadi pengeboman saat jamaah di masjid bersejarah ini sedang salat Jumat. Akibat insiden tersebut, sembilan orang tewas dan 58 lainnya mengalami luka serius.

Memiliki banyak keunikan dan sejarah, Mecca Masjid dijadikan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2014.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here